Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Spanyol Siapkan Strategi Alternatif Tanpa Striker Murni

Posted by Penggila Bola on 29-Feb-2012

MALAGA — Memainkan sepak bola tanpa striker murni? Ya, itulah salah satu strategi alternatif yang tengah digodok dan dimatangkan Pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque untuk diperagakan di Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina, 8 Juni-1 Juli mendatang. Strategi alternatif itu dipertimbangkan Del Bosque setelah striker Fernando Torres dinilai belum mencapai level permainan yang diharapkan.Sementara David Villa juga masih cedera dan belum pasti apakah sudah pulih 100 persen saat kick off Piala Eropa 2012.

Dalam jumpa pers menjelang laga uji coba melawan semifinalis Copa America 2011, Venezuela, di Malaga, Rabu (29/2/2012) atau Kamis dini hari WIB nanti, Del Bosque mengungkapkan, memainkan sepak bola tanpa striker tradisional sebagai kemungkinan yang realistis.

“Saat menghadapi Skotlandia, kami telah mengalami tampil tanpa ujung tombak murni di barisan depan,” kata Del Bosque, merujuk penampilan Spanyol pada laga kualifikasi Piala Eropa 2012 di Alicante, Oktober lalu.

Saat itu, Spanyol menang 3-1 berkat dua gol David Silva dan satu gol David Villa.

“Itu beberapa opsi yang kami miliki dan harus kami matangkan. Kekayaan dalam cara bermain telah menguntungkan kami dan bisa dijalankan dengan baik,” lanjut Del Bosque.

Spanyol memiliki stok melimpah gelandang-gelandang serang yang bertalenta tinggi. Mereka bisa mengisi peran yang terkenal dengan istilah “pemain nomor sembilan semu (false number nine)”. Selain Silva, gelandang yang bisa memerankan posisi false number nine itu, antara lain, adalah Cesc Fabregas, Andres Iniesta, dan Juan Mata.

Jika sembuh tepat pada waktu yang dibutuhkan, David Villa juga bisa mengisi posisi tersebut. Sistem permainan dengan menggunakan pemain false number nine itu biasanya diperagakan dengan menempatkan tiga pemain di barisan terdepan.

Pemain-pemain tersebut terus bergerak, berlari ke sana-ke sini–termasuk turun ke bawah menjemput bola–dengan melakukan umpan-umpan pendek dan cepat. Strategi ini kerap menjadi andalan Pelatih Barcelona Pep Guardiola. Pemain muda Iker Muniain, yang dipanggil masuk skuad timnas senior Spanyol pertama kali ini untuk menghadapi Venezuela, juga bisa diplot dalam posisi false number nine.

“Kami harus beradaptasi dengan gaya permainan yang dirancang pelatih untuk kami dan kami tidak punya kesulitan mencetak permainan kami sesuai ide-ide pelatih,” ujar Muniain. “Kami telah tampil dengan cara yang berbeda-beda, dengan pemain nomor sembilan atau tidak, dan Spanyol selalu mempertahankan (permainan) level, yang jadi bagian terpenting,” tambah Santi Cazorla, gelandang Spanyol.

Jika Del Bosque tetap mempertahankan keberadaan striker tradisional dalam skuadnya dan dia tetap mencoret Torres, pilihan Del Bosque bisa jatuh pada striker Fernando Llorente, Alvaro Negredo, atau Roberto Soldado. Bagi Del Bosque, laga uji coba melawan Venezuela itu laga terakhir sebelum dia mengumumkan skuad Spanyol yang akan tampil di Piala Eropa 2012.

Di ajang ini, Spanyol satu grup dengan Italia, Irlandia, dan Kroasia di Grup C. Spanyol lolos ke putaran final Piala Eropa 2012 setelah memenangkan kedelapan laga kualifikasi dan memimpin klasemen Grup I. Tim Negeri Matador, yang berstatus juara bertahan dan juara dunia, salah satu tim yang difavoritkan juara Piala Eropa 2012. Pendukung mereka berharap Spanyol mencetak rekor sebagai tim pertama berstatus juara Eropa dan dunia yang mampu juara Eropa lagi.

sumber: http://bola.kompas.com/read/2012/02/29/14022110/Spanyol.Siapkan.Strategi.Alternatif.Tanpa.Striker.Murni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: