Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Liga Europa: Bilbao Dominan, Taklukkan MU 3-2

Posted by Penggila Bola on 09-Mar-2012

Manchester – Athletic Bilbao tampil dominan di kandang Manchester United. Skuad arahan Marcelo Bielsa itu pun membuat pasukan pimpinan Sir Alex Ferguson takluk 2-3.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Jumat (9/3/2012) dinihari WIB, Bilbao tampil relatif lebih dominan, meski mereka berstatus tim tamu. Pada babak pertama, Soccernet mencatat, mereka memenangi 55% ball possession dan memiliki enam shots on target.

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Fernando Llorente sudah mendapatkan peluang emas. Berhasil mempertahankan bola dari rebutan bek-bek MU, Llorente melepaskan tendangan kaki kanan. Namun, sepakannya masih melebar.

Meski terus ditekan, MU akhirnya unggul lebih dulu. Serangan rapi yang dibangun oleh Ryan Giggs dan Javier “Chicharito” Hernandez diakhiri oleh sebuah tendangan Chicharito. Bola masih bisa diblok oleh Gorka Iraizoz, namun bola muntah langsung disambar oleh Wayne Rooney.

Tertinggal 0-1, Bilbao tidak mengendurkan tekanan. Pada menit 29, Llorente kembali mendapatkan peluang. Tetapi, kali ini sundulannya masih melambung.

Susaeta juga memiliki peluang emas, ketika dirinya berhasil melewati Jonny Evans di menit ke-32. Sial baginya, tendangan lob-nya masih melenceng tipis di sebelah gawang David De Gea.

Gol yang ditunggu-tunggu Bilbao akhirnya lahir di menit ke-43, ketika umpan silang Susaeta dari sisi kanan disambut dengan sundulan oleh Llorente. Skor 1-1 kemudian bertahan sampai turun minum.

Dominasi Bilbao masih berlanjut di babak kedua. De Gea berulang kali harus berusaha keras mempertahankan gawangnya dari kebobolan.

Llorente kembali mendapatkan peluang. Kali ini, tendangannya dari sebelah kanan pertahanan MU masih menyamping. De Gea pun mulai meneriaki para bek yang berada di depannya.

Semenit berselang, giliran Muniain yang mendapatkan peluang. Tapi, De Gea masih bisa menggagalkan tembakannya dan Bilbao hanya mendapatkan tendangan penjuru.

Gol kedua Bilbao akhirnya lahir ketika pertandingan memasuki menit ke-71. Berawal dari kerjasama apik antara Susaeta dan Muniain, sebuah umpan lob dilepaskan ke kotak penalti MU. Oscar De Marcos yang berlari masuk langsung menyambutnya dengan tendangan kaki kiri. De Gea pun takluk dan Bilbao berbalik unggul 2-1.

Skor tersebut kemudian berubah lagi menjadi 3-1 ketika Muniain sukses menaklukkan De Gea. Sang kiper sudah berhasil memblok tendangan De Marcos, namun bola muntah berhasil dicecar oleh Muniain. Ribuan pendukung Bilbao yang berada di ‘Theatre of Dreams’ pun bersorak.

Tepat pada menit 90, MU mendapatkan hadiah penalti akibat handball De Marcos. Rooney pun sukses menaklukkan Gorka Iraizoz dan mengubah skor menjadi 3-2. Skor tersebut tak berubah sampai laga selesai.

Bilbao tercatat memenangi ball possession hingga 55% di akhir laga.The Red Devils pun punya tugas yang relatif berat kala bertandang ke markas Bilbao pada 15 Maret mendatang.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea, Rafael Da Silva, Smalling (Carrick 55), Evans, Evra, Park (Anderson 61), Jones, Giggs (Nani 75), Young, Rooney, Hernandez.

Athletic Bilbao: Iraizoz, Iraola, Javi Martinez, San Jose, Aurtenetxe, Iturraspe, De Marcos, Ander Herrera (Perez 84), Susaeta, Llorente (Toquero 81), Muniain.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/03/09/035737/1862100/1033/bilbao-dominan-taklukkan-mu-3-2?b99220270

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: