Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Liga Europa: Kalahkan MU Lagi, Bilbao ke Delapan Besar

Posted by Penggila Bola on 16-Mar-2012

Bilbao – Athletic Bilbao kembali menundukkan Manchester United dengan skor 2-1. Hasil tersebut mengantar wakil Spanyol itu melangkah ke babak perempatfinal dengan keunggulan agregat 5-3.

Bertanding di San Memes, Jumat (16/3/2012) dinihari WIB, MU datang dengan kewajiban menang setelah kalah 2-3 pada laga awal di Old Trafford. Namun misi tersebut gagal dituntaskan The Red Devils karena mereka malah kalah 1-2.

Tampil dominan dan menguasai jalannya laga, gol pembuka tuan rumah dibuat Fernando Llorente di menit 23, sebelum digandakan Oscar De Marcos pada menit 65. Wayne Rooney sempat memperkecil kedudukan dengan golnya di menit 80.

Hasil ini membuat Bilbao menang agregat 5-3 dan berhak lolos ke perempatfinal. Sementara MU harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari Liga Europa, setelah sebelumnya terdepak di Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Bilbao punya peluang emas bikin gol di menit 14 saat umpan tumit Fernando Llorente melepaskan Muniain dari kawalan. Tinggal berhadapan dengan De Gea, sepakan Muniain membentur tiang, menghadapi gawang yang kosong upaya rebound De Marcos gagal karena bola tendangannya melayang tinggi.

Di menit 23 gawang David De Gea akhirnya benar-benar bobol. Menerima umpan panjang dari tengah lapangan, Llorente melepaskan tendangan first time dengan sisi luar kakinya. Bola yang mengarah ke tiang jauh tak mampu digapai De Gea.

Setelah kebobolan, MU menambah tekanan ke pertahanan Bilbao. Salah satu peluang terbaik yang didapat adalah melalui tandukan Ryan Giggs dari jarak dekat, yang masih melayang ke atas mistar karena membentur bek tuan rumah.

Di awal babak kedua MU belum mampu keluar dari tekanan Bilbao. Tampil taktis, tuan rumah punya banyak peluang yang gagal dituntaskan jadi gol.

Salah satunya datang dari aksi individu Iraola yang memporak-porandakan pertahanan ‘Setan Merah di menit 54. Sang defender memperdaya beberapa bek MU di dalam kotak penalti, namun sepakannya tak berujung gol karena bola melebar di sisi kiri gawang.

Selanjutnya Toquero membuang peluang saat dia berdiri bebas di dalam kotak penalti namun sepakannya meninggi. Tekanan Bilbao akirnya membuahkan hasil di menit 65 saat De Marcos menjebol gawang De Gea, lewat sepakan jarak dekat yang sempat membentur tubuh bek MU.

Dalam posisi unggul dua gol Bilbao masih terus menekan. Dua peluang lain dipunya Susaeta dan Torquero, yang kembali tak mampu menambah jumlah gol timnya.

Sepuluh menit sebelum laga tuntas MU bisa memperkecil ketinggalan. Sepakan Wayne Rooney dari luar kotak penalti bersarang di sudut kiri atas gawang Bilbao.

Susunan Pemain

Bilbao: Gorka Iraizoz, Andoni Iraola, Fernando Amorebieta, Jon Aurtenetxe, Javi Martinez, Susaeta, Ander Iturraspe, Ander Herrera (’82 Inigo Perez), Fernando Llorente (’40 Gaizka Toquero), Oscar, Muniain (’88 Mikel San Jose)

MU: David De Gea, Rio Ferdinand (’63 Chris Smalling ), Patrice Evra, Rafael, Jonathan Evans, Michael Carrick (’63 Paul Pogba ), Ryan Giggs (’68 Danny Welbeck), Park Ji-Sung, Ashley Young, Tom Cleverley, Wayne Rooney

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/03/16/015218/1868753/1033/kalahkan-mu-lagi-bilbao-ke-delapan-besar?b99220370

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: