Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Italia] Del Piero Bawa Juve Jadi Capolista

Posted by Penggila Bola on 12-Apr-2012

Turin – Juventus berhasil mengatasi perlawanan sengit Lazio dalam lanjutan Seri A. Bianconeri butuh gol Alessandro Del Piero di menit-menit akhir untuk menang 2-1 dan kembali ke puncak klasemen.

Juve tampil sangat dominan dalam pertandingan di Juventus Stadium, Kamis (12/4/2012) dinihari WIB. Statistik Soccernet mencatat tim tuan rumah unggul penguasaan bola hingga 71 persen dan melepaskan 27 tembakan dengan sembilan di antaranya tepat sasaran.

Juve memimpin lebih dulu lewat gol cantik Simone Pepe. Namun, Lazio yang jarang menyerang bisa menyamakan kedudukan di penghujung paruh pertama lewat sundulan Stefano Mauri.

Di babak kedua, ‘Nyonya Tua’ memaksa Lazio bermain sangat defensif. Namun, mereka kesulitan membongkar pertahanan tim tamu.

Del Piero, yang baru masuk di babak kedua, akhirnya tampil sebagai bintang kemenangan. Tendangan bebas khasnya memastikan tiga poin untuk Juve.

Hasil ini mengembalikan Juve ke puncak klasemen dengan 68 poin dari 32 pertandingan. Mereka menggusur AC Milan dengan keunggulan satu angka. Meski kalah, Lazio masih di urutan ketiga dengan 54 poin.

Jalannya pertandingan

Juve lebih dulu mengancam pada menit keenam. Sebuah umpan silang Giorgio Chiellini dari sisi kiri berhasil disambut oleh Fabio Quagliarella, tapi bola tak mengarah ke sasaran.

Lazio mendapatkan peluang lewat tendangan bebas Cristian Ledesma pada menit ke-26. Namun, Gianluigi Buffon tak kesulitan untuk mengamankan bola.

Pepe menyia-nyiakan peluang emas pada menit ke-28. Tinggal berhadapan dengan Federico Marchetti, tendangannya terlalu pelan dan mudah ditangkap kiper Lazio itu.

Tapi, berselang semenit, Pepe tak mengulang kesalahannya. Dia mencetak gol indah ke gawang Lazio.

Umpan Andrea Pirlo diterima Pepe dengan dadanya. Tanpa menunggu si kulit bundar jatuh ke tanah, pemain bernomor punggung 7 itu melepaskan overhead kick ke arah gawang. Meski Marchetti berusaha menghalaunya, bola tetap masuk gawang.

Pada menit ke-31, Arturo Vidal nyaris saja menciptakan gol spekatakuler lainnya. Melihat posisi Marchetti yang terlalu maju, dia melepaskan tendangan dari belakang garis tengah. Tepat sasaran, tapi, Marchetti dengan susah payah masih bisa menepis bola.

Dua peluang Juve berikutnya juga belum membuahkan gol. Sepakan Quagliarella dari dalam kotak penalti dan tendangan jarak jauh Vidal lagi-lagi bisa dimentahkan oleh Marchetti.

Meski minim peluang, Lazio bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-45. Umpan silang Lionel Scaloni dari sisi kanan diteruskan ke pojok gawang Juve oleh Mauri dengan kepalanya.

Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Tim tuan rumah nyaris unggul lagi pada awal babak kedua lewat Mirko Vucinic. Namun, sepakan Vucinic dari sudut sempit masih melebar.

Percobaan yang dilakukan Pirlo melalui tendangan bebas belum menghasilkan gol. Marchetti masih mudah menepis bola keluar lapangan.

Del Piero yang masuk di babak kedua berpeluang membawa Juve unggul pada menit ke-75. Namun, sepakannya masih tepat mengarah ke pelukan Marchetti.

Tujuh menit kemudian, Del Piero membuat seisi stadion bergelora. Tendangan bebasnya mengelabui Marchetti dan menggetarkan gawang tim tamu.

Di masa injury time, Lazio kehilangan satu pemainnya. Libor Kozak diusir setelah menerima kartu kuning kedua.

Susunan pemain
Juventus
: Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Pepe (Matri 72′), Vidal (Giaccherini 79′), Pirlo, Marchisio, Lichtsteiner, Quagliarella, Vucinic (Del Piero 74′)

Lazio: Marchetti, Scaloni, Diakite, Biava, Garrido, Cana, Ledesma, Gonzalez (Brocchi 81′), Candreva, Mauri (Hernanes 73′), Rocchi (Kozak 75′)

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/04/12/034348/1890464/71/del-piero-bawa-juve-jadi-capolista

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: