Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Champions] Jelang Barca vs Chelsea, Camp Nou Tak Ramah untuk Klub Inggris

Posted by Penggila Bola on 23-Apr-2012

Barcelona tak memiliki catatan kandang bagus di semifinal kompetisi antarklub di Eropa. Tetapi Chelsea tetap dituntut siap bekerja keras karena sejauh ini Camp Nou kurang ramah untuk klub asal Inggris, karena baru Liverpool yang bisa menang di sana.

Barca menjalani leg II semifinal dengan tertinggal agregat 0-1 dari Chelsea. Sang juara bertahan akan menjamu ‘Si Biru’ di Camp Nou, Rabu (25/4/2012) dinihari WIB.

Dengan keadaan tertinggal, Barca tak punya pilihan lain selain menang. Sialnya, Barca dicatat tidak memiliki torehan bagus di kandang dalam babak semifinal kompetisi Eropa.

Dicatat Reuters, dari tujuh laga terakhir di Camp Nou dalam fase tersebut, Barca cuma bisa bikin tujuh gol dan meraih satu kemenangan saja. Pun begitu, Barca tidak terkalahkan di dalam 15 partai kandang terakhirnya di Liga Champions.

Chelsea sementara itu memiliki rekor bagus lawan klub Spanyol, tidak terkalahkan di 14 laga terakhirnya. Ini bisa jadi modal untuk meniru capaian Liverpool, satu-satunya klub Inggris yang bisa mengalahkan Barca di kandangnya sendiri dalam 31 pertandingan sebelum ini.

Berikut data dan fakta pertandingan Barca versus Chelsea, seperti dilansir Reuters.

BARCELONA v CHELSEA
Pertemuan
Berhadapan: 14
Kemenangan: Barcelona 5, Chelsea 5, imbang 4
Gol: Barcelona 23, Chelsea 18

Pencetak gol
Barcelona: Lionel Messi 14, Pedro 4, David Villa 3, Andres
Iniesta 2, Alexis Sanchez 2, Cristian Tello 2, Cesc Fabregas 1, Martin Montoya 1, Sergi Roberto 1, Xavi 1, gol bunuh diri 2

Chelsea: Didier Drogba 5, Frank Lampard 3, Branislav
Ivanovic 2, Salomon Kalou 2, Juan Mata 2, Raul Meireles 2,
Ramires 2, Fernando Torres 2, David Luiz 1, John Terry 1

Penampil terbanyak
Barcelona: Lionel Messi/Victor Valdes 10
Chelsea: Petr Cech 11

* Barca memiliki rekor kandang buruk di semifinal kompetisi antarklub di Eropa, dengan hanya membuat dua gol di dalam tujuh pertandingan terakhir fase itu di Camp Nou dan cuma meraih satu kemenangan.

* Barca, tim pertama yang tampil di lima semifinal beruntun Liga Champions, membidik untuk sampai ke final kelima di Liga Champions, nomor delapan di Piala Champions/Liga Champions, dan ke-18 di tiga kompetisi utama antarklub Eropa.

* Jika Barca kalah, itu akan menjadi kekalahan ke-100 di dalam pertandingan ke-466 untuknya di partai Eropa.

* Barca tidak terkalahkan di 15 partai kandang terakhirnya di Liga Champions, dengan 13 laga di antaranya bisa dimenangi. Dalam periode itu cuma AC Milan dan Real Madrid yang bisa mencuri hasil imbang.

* Barca cuma menelan dua kekalahan dari 31 laga kandang lawan klub asal Inggris, dua-duanya di tangan Liverpool. Barca kalah 0-1 dari Liverpool di semifinal Piala UEFA dan 1-2 di babak knockout Liga Champions 2007.

* Messi, yang telah bikin rekor gol baru di Liga Champions dengan 14 gol dalam satu musim, kesulitan mencetak gol ke gawang klub Inggris. Dari 16 pertemuan, Messi hanya bisa bikin gol di tiga pertandingan di antaranya, meski itu termasuk gol ke gawang Manchester United di final Liga Champions 2009 dan ke gawang Arsenal di perempatfinal Liga Champions 2010.

* Pelatih Barca Pep Guardiola memiliki rekor cukup bagus melawan klub Inggris. Kekalahan 0-1 dalam lawatan ke markas Chelsea baru menjadi kekalahan keduanya dari sembilan laga lawan klub Inggris, saat duduk di kursi pelatih. Semasa bermain, ia cuma kalah sekali dalam delapan pertemuan lawan klub Liga Primer Inggris.

* Chelsea punya rekor luar biasa lawan klub Spanyol dan kini tidak terkalahkan di dalam 14 pertemuan terakhirnya, kesemuanya di Liga Champions. Sejak ditekuk Barca 1-2 di Stamford Bridge dalam fase knockout Liga Champions 2006, Chelsea belum pernah kalah lagi dari tim Spanyol.

* Chelsea telah mencetak satu gol di masing-masing enam laga tandang terakhirnya di Liga Champions dan cuma satu kali gagal bikin gol dalam 14 lawatan terakhirnya, ketika kalah 0-1 dari Olympique Marseille di fase grup musim lalu.

* Chelsea, memainkan semifinal Liga Champions keenamnya dalam sembilan tahun, membidik final keduanya di ajang ini. Total, itu akan menjadi final keempatnya di kompetisi antarklub Eropa.

* Chelsea cuma membuat tiga gol saja dalam 11 laga tandang di semifinal kompetisi Eropa yang mereka lakoni, memenangi satu saja yakni ketika menghadapi Manchester City di Piala Winners tahun 1971. Dari jumlah tersebut, Chelsea kalah dalam delapan laga di antaranya.

* Chelsea punya catatan bagus di tanah Spanyol, di mana mereka belum merasakan kekalahan dari tujuh lawatan terakhirnya.

* Gol Didier Drogba ke gawang Barca di leg I adalah gol ke-38 untuknya di Liga Champions bersama Chelsea dan Olympique Marseille.

* Manajer Chelsea Roberto Di Matteo sudah meraih empat kemenangan di Liga Champions sejak menggantikan posisi Andre Villas-Boas.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/04/23/123336/1899088/1033/camp-nou-tak-ramah-untuk-klub-inggris?b991105bcom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: