Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Champions] UEFA Tolak Permohonan ‘Pemutihan’ Kartu untuk Laga Final

Posted by Penggila Bola on 27-Apr-2012

Nyon – Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) menegaskan tak bakal memberi pengecualian untuk enam pemain dari Chelsea dan Bayern Munich yang tak bisa tampil di final Liga Champions, kendatipun adanya permohonan untuk melakukan “pemutihan” kartu.

Sengitnya duel di semifinal Liga Champions sudah membuat sejumlah pemain pilar dari Chelsea dan Bayern akan absen ketika timnya beradu di final pada 19 Mei depan, akibat akumulasi kartu kuning.

Kubu Bayern akan kehilangan Holger Badstuber, David Alaba dan Luiz Gustavo. Sementara Chelsea tak bisa diperkuat Branislav Ivanovic, Ramires, dan Raul Meireles–tidak termasuk John Terry karena di semifinal ia memang menerima kartu merah langsung dan bukannya kartu kuning.

Mengingat final adalah partai puncak yang ditunggu-tunggu pemain, Organisasi Pemain Profesional FIFPro meminta UEFA bersikap lebih lunak kepada enam pemain tersebut. Terlebih mereka juga merupakan pemain inti yang sudah pasti berperan besar untuk timnya masing-masing.

“Siapapun yang melakukan kesalahan serius di semifinal mesti diberi kartu merah dan absen di final. Tapi pelanggaran yang menghaslilkan kartu kuning kurang tepat dihukum seberat seperti absen di laga terpenting dalam hidup mereka,” kata juru bicara FIFPro Simon Barker di ESPN Soccernet.

“Sebagai contoh Alaba terpeleset dan bola ditendang mengenai tangannya–tidaklah tepat pemain seperti itu harus absen di final Liga Champions karena hal seperti ini. Ada yang bilang kalau (‘pemutihan’ kartu) akan memberi pemain izin untuk tampil kasar dan semaunya di semifinal, tapi itu omong kosong. Pelanggaran serius pantas diganjar kartu merah dan itu tetap berarti tak bisa tampil di final,” beber Barker.

Akan tetapi, permintaan FIFPro itu ditolak oleh UEFA yang tetap berpegang teguh kepada peraturan yang ada. “Peraturan dari kompetisi ini sudah dirancang dari awal kompetisi dan tetap begitu sepanjang musim,” tegas juru bicara UEFA.

“Perubahan terhadap regulasi di masa mendatang mesti terlebih dulu diusulkan oleh komite kompetisi klub dan disetujui oleh komite eksekutif UEFA,” lanjut si juru bicara.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/04/27/023219/1902837/1033/uefa-tolak-permohonan-pemutihan-kartu-untuk-laga-final?b99220370

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: