Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Inggris] Psy-war a la MU-City

Posted by Penggila Bola on 27-Apr-2012

Yang namanya perebutan gelar juara selalu menarik untuk dicermati. Tak hanya aksi di lapangan, tetapi juga apa yang terjadi di luarnya. Termasuk, dalam hal ini, adalah psy-war di antara kedua tim.

Manchester United dan Manchester City juga tak lepas dari hal tersebut. MU kini hanya tinggal memimpin tiga angka di depan City setelah bermain imbang 4-4 melawan Everton akhir pekan lalu. Bagi City, ini adalah sebuah keuntungan.

Andai bisa meraih kemenangan di Etihad Stadium, Senin (30/4/2012), City punya peluang mengambil alih puncak klasemen, meski memiliki poin sama dengan MU. Penyebabnya, jumlah selisih gol City kini lebih baik dari MU, 60 berbanding 54.

Sejak City menjadi kekuatan baru di Premier League, persaingan kedua rival sekota ini memang kian panas. Ingat ketika The Citizens mendatangkan Carlos Tevez? Mereka langsung memampangkan spanduk dengan gambar Tevez plus tulisan “Welcome To Manchester” di dalamnya. Spanduk itu bak menjadi klaim City bahwa kota Manchester adalah milik mereka. Sebaliknya, Sir Alex Ferguson langsung melabeli sang rival dengan sebutan “The Noisy Neighbour” alias Si Tetangga nan Gaduh.

Oleh pendukung The Red Devils, spanduk itu dibalas dengan gambar Michael Owen plus tulisan yang sama, “Welcome To Manchester”. Ini adalah akibat dari gol telat Owen yang membawa MU menang 4-3 di Old Trafford pada musim 2009/2010. Selain itu, para pendukung MU juga punya banner di Old Trafford yang memampangkan angka yang merupakan jumlah tahun paceklik gelar dari City. Banner tersebut kemudian dijawab dengan raihan gelar juara Piala FA tahun 2011, yang mana merupakan gelar pertama City sejak 1976.

Cerita-cerita di luar lapangan itu masih berlanjut musim ini. Ketika City menang 6-1 di Old Trafford beberapa bulan silam, tersiar kabar bahwa Mario Balotelli melakukan tos keliling kepada seluruh pendukung City yang ia temui. Patrick Vieira pun tidak mau kalah dengan sang bomber. Ucapannya yang mengatakan bahwa MU kerap diuntungkan wasit sempat dikutip oleh BBC. Namun demikian, Vieira serta pihak klub kemudian membantahnya dan balik menyebut bahwa wartawan BBC salah kutip.

Tak ketinggalan, eks gelandang Arsenal itu juga menyebut bahwa keputusan MU untuk memanggil Paul Scholes dari pensiunnya adalah sebuah tindakan putus asa. Ia mengatakan, kembalinya Scholes menunjukkan kelemahan skuad MU musim ini.

Fergie jelas tidak tinggal diam. Ia balik membalas dengan mengatakan bahwa justru City-lah yang putus asa lantaran memanggil kembali Tevez, penyerang yang sudah berbulan-bulan absen lantaran berseteru dengan pihak klub. Sebaliknya, ia membela keputusannya memanggil Scholes dengan alasan The Ginger Prince adalah gelandang terbaik klub dalam satu dekade terakhir dan tak ada salahnya ia dimainkan lagi.

Selesai? Belum. Fergie menambahkan, jika ingin terus-terusan melakukan psy-war, ia siap untuk memanggil Roy Keane turun dalam perdebatan tersebut. Bukan rahasia apabila Keane dan Vieira kerap beradu argumen di atas lapangan semasa mereka masih bermain. Keributan di antara keduanya di lorong Stadion Highbury adalah cerita yang masih diingat sampai saat ini.

Belakangan manajer City, Roberto Mancini, bersikukuh bahwa peluang juara timnnya sudah habis, kendati mereka sukses memangkas jarak dari delapan poin hingga tiga poin. Entah, apakah Mancini bersikap demikian untuk membuat sang rival lengah atau tidak.

Apa pun, segala psy-war di luar lapangan hanyalah bumbu penyedap. Hasil yang sebenarnya tetap terjadi di lapangan. MU dan City, yang sama-sama sudah tersingkir dari turnamen Eropa dan domestik musim ini, bakal memperlakukan derby kali ini bak sebuah laga final.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/04/26/135833/1902252/72/psy-war-a-la-mu-city

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: