Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Kalahkan Liverpool 2-1, Chelsea Juara Piala FA

Posted by Penggila Bola on 06-May-2012

London – Chelsea meraih gelar juara Piala FA musim 2011/2012. Dalam laga final menghadapi Liverpool di New Wembley, Minggu (6/5/2012) dinihari WIB, The Blues menang dengan skor 2-1.

Tampil dominan sejak awal laga, Chelsea lebih dulu unggul dua gol masing-masing melalui Ramires di menit 11 dan Didier Drogba di menit 52. Sementara gol balasan Liverpool dibuat Andy Carroll pada menit 64.

Kemenangan ini jadi capaian hebat Chelsea bersama caretaker Roberto Di Matteo. The Blues bahkan bisa meraih satu trofi lagi andai menang di final Liga Champions menghadapi Bayern Munich dua pekan dari sekarang. Secara keseluruhan, ini merupakan titel ketujuh ‘Si Biru’ di Piala FA.

Sementara buat Liverpool, skor 1-2 membuat mereka harus memupus harapan meraih gelar ganda di musim ini. Steven Gerrard dkk sebelumnya sudah mengangkat piala dari ajang Piala Liga Inggris.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama dalam pertandingan Chelsea vs Liverpool langsung berujung gol di menit 11. Mendapat umpan terobosan dari Juan Mata, Ramires berhasil menusuk dari tengah lapangan ke kotak penalti Liverpool. Setelah pergerakannya tak bisa dihentikan Jose Enrique, sepakan Ramires di dalam kotak penalti ke arah tiang dekat gagal dihalau Pepe Reina. Chelsea unggul 1-0.

Dua menit berselang Liverpool nyaris menyamakan kedudukan. Sepakan Craig Bellamy dari tepi luar kotak penalti terhadang tubuh Branislav Ivanovic di muka gawang.

Pada menit-menit berikutnya Chelsea tampil lebih dominan dalam penguasaan bola, namun begitu mereka tak mampu menciptakan peluang lainnya. Sementara Liverpool gagal mengembangkan permainan, di lini depan Luis Suarez nyaris tak berdaya karena terisolir pemain belakang Chelsea.

Baru empat menit sebelum jeda The Reds punya peluang. Dari umpan kepala Henderson, tandukan Suarez dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah dan arahnya melebar.

Babak kedua baru berjalan tujuh menit, Chelsea berhasil memperbesar keunggulan. Kali ini Didier Drogba yang mencatatkan namanya di papan skor dan membuat The Blues unggul 2-0.

Gol kedua Chelsea dibangun dengan sangat rapi dari tengah lapangan melalui umpan-umpan pendek. Mendapat sodoran bola dari Frank Lampard, Drogba berhasil menjaga si kulit bundar meski dalam kawalan Martin Skrtel. Sepakan mendatar yang dilepaskan striker Pantai Gading itu mengarah ke tiang jauh dan kembali gagal dihalau Pepe Reina.

Masuknya Andy Carroll di menit 55 membawa pengaruh besar buat Liverpool. Striker mahal itu mencetak gol yang mengubah kedudukan jadi 2-1 di menit 64. Gol tersebut bermula dari Ivanovic yang kehilangan bola di sisi kanan pertahanan Chelsea. Dapat bola liar, Carroll berhasil melepaskan tembakan meski dalam kawalan ketat John Terry. Sepakan keras yang dia lepaskan dari dalam kotak penalti mengarah ke sisi atas gawang. Skor pun berubah jadi 2-1.

Gol tersebut membangkitkan permainan Liverpool, mereka kini gantian mendominasi pertandingan dan terus menekan Chelsea. Salah satu peluang terbaik yang datang adalah saat umpan diagonal Suarez dari sisi kanan berhasil ditanduk Carroll ke dalam gawang, meski kemudian ditepis keluar oleh Petr Cech. Dari momen tersebut, Liverpool sepertinya berhasil menyamakan kedudukan, di mana pemain-pemain mereka sudah mulai berselebrasi.

Namun wasit menyatakan tidak ada gol dalam momen tersebut. Tayangan lambat mengonfirmasi keputusan wasit tepat karena bola belum sepenuhnya melintasi garis gawang saat melayang di udara dan Cech dengan sigap menepisnya keluar. Skor masih 2-1 untuk Chelsea.

Di periode injury time Liverpool punya kesempatan lain saat Caroll lolos dan dapat bola di dalam kotak penalti. Beruntung buat The Blues, Terry berhasil menghalau sepakan keras Carroll sambil menjatuhkan diri.

Susunan Pemain:
Liverpool
: Reina, Johnson, Skrtel, Agger, Jose Enrique, Spearing (’55 Carroll), Henderson, Downing, Gerrard, Bellamy (’78 Kuyt), Suarez

Chelsea: Cech, Bosingwa, Ivanovic, Terry, Cole, Lampard, Mikel, Ramires (’76 Meireles), Mata (’90 Malouda), Kalou, Drogba

2 Responses to “Kalahkan Liverpool 2-1, Chelsea Juara Piala FA”

  1. […] dan Hasil Per… on [Liga Spanyol] Messi Empat Gol…Jadwal dan Hasil Per… on Kalahkan Liverpool 2-1, Chelse…Jadwal dan Hasil Per… on [Liga Inggris] ‘Setan Me…Jadwal dan Hasil Per… […]

    Like

  2. […] Kalahkan Liverpool 2-1, Chelsea Juara Piala FA […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: