Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Europa] Saatnya Atletico & Bilbao Berebut Trofi Juara

Posted by Penggila Bola on 08-May-2012

Siaran Langsung 10 Mei 2012 Pkl. 01:45 WIB di RCTI

Tengah pekan ini final Liga Europa akan dihelat dan mengetengahkan duel antara sesama klub Spanyol, yakni Atletico Madrid versus Athletic Bilbao. Nuansa Argentina juga ikut muncul ketika Madrid berusaha meraih gelar keduanya di Liga Europa, sementara Bilbao berupaya memenangi trofi pertamanya di Eropa.

Arena Nationala, Bukares, Rumania, Kamis (10/5/2012) dinihari WIB, akan menjadi arena duel dua klub La Liga Primera tersebut dalam berebut trofi juara.

Bilbao, yang dalam lajunya ke final berhasil bikin kejutan dengan menyingkirkan Manchester United di babak 16 besar, akan berusaha meraih trofi pertamanya di kancah Eropa. Pengalaman pertama Los Leones ke final sebelumnya terjadi di Piala UEFA 1977 saat kalah dari Juventus.

Madrid sementara itu sedikit lebih berpengalaman dalam urusan meraih gelar di Eropa karena sudah pernah meraih gelar juara Liga Europa 2009-10, dan juga Piala Super Eropa 2010. Selain itu Los Rojiblancos pun pernah menjuarai Piala Winners 1961–62, seperti dicatat Reuters.

Dalam lajunya ke partai puncak kali ini Atletico dan Bilbao sama-sama sudah menunjukkan ketajaman oke, menjanjikan final yang bisa berjalan sengit dan banyak gol. Sedari fase grup Atletico bikin 30 gol dan kebobolan 10 gol, sedangkan pada periode yang sama Bilbao mencetak 28 gol dan kemasukan 20 gol.

Tajamnya Atletico dan Bilbao juga tercermin di klasemen top skorer Liga Europa. Radamel Falcao dari Atletico saat ini sedang menjadi top skorer sementara bersama Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04) dengan 10 gol. Pemain Atletico lain, Adrian Lopez, ada di posisi berikutnya dengan 8 gol.

Di Bilbao, ada bomber Fernando Llorente yang sudah mengoleksi 7 buah gol. Dua rekannya, Markel Susaeta dan Iker Muniain, masing-masing telah mengemas 5 gol sejauh ini.

Akan sengitnya pertandingan nanti juga terindikasi dari hasil pertemuan kedua tim di La Liga Primera musim ini. Dua gol dari Llorente berhasil membawa Bilbao menang 3-0 atas Atletico di bulan Oktober, sedangkan sepasang gol Falcao di Vicente Calderon pada bulan Maret membuat Atletico gantian mengalahkan Bilbao 2-1.

Bukan tak mungkin pula pada akhirnya pertandingan nanti mesti diselesaikan lewat adu penalti saking sengitnya, seperti kali terakhir final sesama klub Spanyol di ajang ini–yang sebelumnya disebut Piala UEFA–yakni pada tahun 2007 lalu krtika Sevilla mengalahkan Espanyol lewat adu penalti usai bermain imbang 2-2.

Duel Atletico kontra Bilbao kali ini juga mengetengahkan nuansa unik karena bukan cuma menjadi medan perebutan gelar antara dua klub Spanyol tetapi juga arena adu kelihaian antara dua peracik taktik asal Argentina; Diego Simeone di Atletico dan Marcelo Bielsa di Bilbao.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/05/08/104739/1911787/1033/saatnya-atletico-bilbao-berebut-trofi-juara?b99220270

One Response to “[Liga Europa] Saatnya Atletico & Bilbao Berebut Trofi Juara”

  1. […] [Liga Europa] Saatny… on Jadwal Pertandingan Final Sepa…Jadwal dan Hasil Per… on [Liga Spanyol] Gol Bunuh […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: