Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Europa] ‘Final Spanyol’ Jadi Duel Pertama Atletico-Bilbao di Eropa

Posted by Penggila Bola on 09-May-2012

Untuk kali pertama, Atletico Madrid dan Athletic Bilbao akan berhadapan di kancah Eropa. Partai puncak Liga Europa, sebuah final keenam antara sesama klub Spanyol di Eropa, menjadi pentasnya.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan final Liga Europa antara Atletico Madrid kontra Athletic Bilbao, Kamis (10/5/2012) dinihari WIB, seperti diwartakan Opta.

– Ini menjadi final sesama klub Spanyol keenam dalam berebut trofi besar di Eropa dan yang kedua di ajang Piala UEFA/Liga Europa (setelah Sevilla vs Espanyol di 2006/07).

– Setelah laga nanti maka final sesama klub Spanyol di kompetisi besar Eropa menjadi yang paling banyak dan melebihi negara-negara lain; Italia lima, Inggris dua, Jerman dan Portugal masing-masing satu.

– Usai laga nanti, cuma Italia (9) yang melahirkan pemenang lebih banyak dari Spanyol (7) di ajang Piala UEFA/Liga Europa.

– Ini adalah final keenam Atletico di Eropa, dan dari lima final sebelumnya Atletico memenangi dua di antaranya–mengecualikan Piala Intertoto.

– Atletico mengalahkan Fulham 2-1 di babak perpanjangan waktu di final Liga Europa 2010 lalu.

– Dari starting XI Atletico di final 2010, hanya ada empat pemain (Perea, Dominguez, Lopez and Assuncao) yang masih berada di klub (Raul Garcia tengah dipinjamkan ke Osasuna).

– Ini menjadi final kedua Bilbao di final kompetisi besar Eropa. Pada final pertamanya, 1976-77, Bilbao kalah gol tandang dari Juventus di final dua leg Piala UEFA (2-2).

– Final nanti akan menjadi pertemuan pertama kedua kesebelasan di Eropa. Semenjak berhadapan di Copa del Rey 1991/92 (yang dimenangi Atletico 1-0 di kandang dan 3-0 di tandang) keduanya juga baru kali ini lagi bertemu di ajang berformat piala.

– Di final Copa del Rey, Atletico dan Bilbao sudah bertemu tiga kali: Atletico menang 2-1 pada tahun 1985 dan Bilbao berjaya pada dua kesempatan sebelumnya, 1956 dan 1921.

– Atletico telah memenangi 11 laga terakhirnya di Piala UEFA/Liga Europa. Ini menjadi laju terpanjang sebuah klub di kompetisi itu–mengecualikan fase kualifikasi.

– Atletico saat ini berimbang dengan Ajax dalam hal laju kemenangan terpanjang di seluruh kompetisi Eropa, 11 laga dengan mengecualikan fase kualifikasi dan Piala Intertoto.

– Dalam lima pertemuan terakhirnya melawan sesama klub Spanyol di kancah Eropa, Atletico tidak terkalahkan dengan menuai 3 kemenangan dan 2 hasil imbang.

– Satu-satunya pertemuan Bilbao dengan sesama klub Spanyol di kancah Eropa terjadi pada perempatfinal Piala UEFA 1976/77 lalu. Ketika itu Bilbao menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-3.

– Penyerang Bilbao Fernando Llorente sudah bikin 5 gol ke gawang Atletico di La Liga. Hanya Valencia, 7 gol, yang gawangnya lebih sering dijebol Llorente.

– Dari tujuh penampilan terakhirnya di Liga Europa, Llorente sudah terlibat di dalam delapan gol Bilbao–5 gol dan 3 assist.

– Penyerang Atletico Radamel Falcao telah mengemas 27 gol dari 28 partai Liga Europa yang ia lakoni, termasuk 5 gol dari lima laga terakhirnya di ajang itu.

– Falcao mencatatkan jumlah tembakan tepat sasaran paling banyak di Liga Europa musim ini dengan jumlah 24 tembakan. Sedangkan Llorente mencatat jumlah tembakan terbanyak dengan 41 tembakan.

– Wakil kapten Bilbao Andoni Iraola telah mencatatkan jumlah operan terbanyak di Liga Europa musim ini, dengan jumlah 919 operan.

– Diego dari Atletico mencatakan jumlah assist terbanyak di Liga Europa musim ini, dengan 7 assist.

– Falcao menjadi topskorer sementara Liga Europa bersama dengan Klaas-Jan Huntelaar dari Schalke dengan 10 gol. Rekan Falcao, Adrian Lopez, ada di posisi dua dengan 8 gol.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/05/09/104816/1912754/1033/final-spanyol-jadi-duel-pertama-atletico-bilbao-di-eropa?b99220370

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: