Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Europa] Simeone Samai Catatan Zoff & Stevens

Posted by Penggila Bola on 10-May-2012

Bucharest – Diego Simeone sukses mengantarkan Atletico Madrid jadi kampiun Liga Europa musim ini. Hal tersebut menjadikan Simeone orang ketiga yang pernah juara Piala UEFA/Liga Europa sebagai pemain dan pelatih.

Simeone baru saja memberikan gelar Liga Europa untuk Atletico. Di partai final, Kamis (10/5/2012) dinihari WIB, tim besutan pria asal Argentina itu mengalahkan Athletic Bilbao 3-0.

Bagi Simeone, ini adalah trofi kedua di kompetisi kasta kedua Eropa. Semasa jadi pemain, dia pernah membawa Inter Milan memenangi Piala UEFA pada tahun 1998. Saat itu, Nerazzurri yang diperkuat Simeone mengalahkan Lazio di final.

Sepanjang sejarah, cuma ada dua orang lain yang bisa melakukan hal semacam itu. Yang pertama adalah Dino Zoff. Zoff memenangi Piala UEFA 1977 saat masih jadi kiper Juventus. Berselang 13 tahun, dia memenangi kompetisi yang sama sebagai pelatih Bianconeri.

Huub Stevens juga pernah mencatatkan rekor serupa. Dia memenangi Piala UEFA 1978 sebagai pemain PSV Eindhoven dan kemudian berjaya lagi pada tahun 1997 sebagai pelatih Schalke 04.

Dilansir situs resmi UEFA, Simeone menjadi orang non-Eropa keempat yang bisa memenangi kompetisi antarklub UEFA, mengikuti jejak tiga orang Argentina lainnya, Luis Carniglia, Helenio Herrera, dan Alfredo Di Stefano.

sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: