Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Champions] Dominasi Inggris Atas Jerman di Final Liga Champions

Posted by Penggila Bola on 16-May-2012

Laga Bayern Munich vs Chelsea menjadi final Liga Champions keenam antara tim Jerman dan klub Inggris. The Blues punya misi untuk melanjutkan dominasi yang sudah diraih para pendahulunya.

Sepanjang sejarah Piala/Liga Champions, tercatat sudah lima kali klub Jerman dan Inggris saling baku hantam. Untuk sementara ini, Inggris unggul 4-1 atas Jerman.

Poin untuk Inggris disumbangkan Liverpool yang mengalahkan Borussia Moenchengladbach (76/77), Nottingham Forest usai mengandaskan Hamburg (79/80), Aston Villa yang menang atas Bayern Munich (81/82), dan Manchester United yang mengungguli Bayern (98/99).

Sementara satu-satunya poin Jerman didapat Bayern saat menang 2-0 atas Leeds United di musim 1974/74.

Berikut data dan fakta Bayern Munich serta Chelsea jelang final Liga Champions, Minggu (20/5/2012) dinihari WIB mendatang:

* Bayern Munich dan Chelsea baru dua kali berhadapan di Liga Champions yakni pada babak perempatfinal musim 2004/2005. Ketika itu The Blues menang 4-2 di Stamford Bridge namun kalah 2-3 di Olympic Stadion. Unggul agresivitas tandang, ‘Si Biru’ lolos ke semifinal.

* Chelsea sudah 12 kali berhadapan dengan tim asal Jerman di ajang Liga Champions. Dari pertemuan-pertemuan tersebut, The Londoners menang enam kali, kalah empat kali dan dua sisanya berakhir imbang.

* Bayern Munich sudah 17 kali berhadapan dengan tim asal Inggris di Liga Champions. Hasilnya, tujuh pertandingan berhasil dimenangkan, lima lainnya berakhir dengan kekalahan dan lima lainnya berkesudahan sama kuat.

* Dalam 31 pertandingan terakhirnya di Liga Champions, Bayern cuma sekali bermain imbang yakni saat menghadapi Napoli di babak grup musim ini. Kala itu skornya adalah 1-1.

* Chelsea berhasil memenangi empat dari lima pertandingan terakhirnya di ajang Liga Champions. Satu-satunya laga di mana John Terry cs gagal menang adalah saat mengimbangi Barcelona 2-2 di Camp Nou pada babak semifinal.

* The Blues selalu mencetak gol dalam 13 pertandingan terakhirnya di Liga Champions. Dari seluruh laga itu tercipta 25 gol.

* Bayern sudah delapan kali masuk final Piala/Liga Champions. Hasilnya mereka menang empat kali dan kalah empat kali.

* Dari delapan final tersebut, tiga di antaranya mempertemukan Bayern dengan klub Inggris. Di musim 1974/75 Bayern menang atas Leeds United, namun kemudian kalah atas Aston Villa (1981/82) dan Manchester United (1998/1999).

* Buat Chelsea ini merupakan final kedua mereka di Liga Champions. Empat tahun lalu mereka tunduk atas Manchester United melalui adu penalti.

* Total sudah lima kali klub Jerman dan Inggris saling beradapan di babak final Piala/Liga Champions. Dari jumlah tersebut klub asal inggris berhasil menang empat kali dan kalah sekali. Satu-satunya kemenangan klub Jerman atas klub Inggris adalah di final 1975, saat Bayern mengalahkan Leeds.

* Cuma satu klub yang pernah memenangi Piala FA dan Liga Champions di musim yang sama. Manchester United melakukan itu di musim 1998/99.

* Rasio kemenangan Chelsea di liga Champions saat John Terry dimainkan adalah 49% (42 kemenangan dari 85 pertandingan). Rasio tersebut meningkat 57% saat dia absen (8 dari 14).

* Buat Jupp Heynckes ini merupakan final ketiganya di kompetisi Eropa. Final pertamanya terjadi 32 tahun lalu di ajang Piala UEFA bersama Borussia Moenchengladbach di tahun 1980. Di tahun 1998 dia mengantar Real Madrid menjuarai Liga Champions.

* Ini adalah kali keempat final Liga Champions digelar di kandang salah satu finalisnya. Yang pertama adalah Real Madrid 1956/57 (menang 2-0 atas Fiorentina), Inter Milan in 1964/65 (menang 1-0 atas Benfica) dan AS Roma in 1983/84 (kalah adu penalti dari Liverpool).

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/05/16/111600/1918277/1033/dominasi-inggris-atas-jerman-di-final-liga-champions?b99220370

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: