Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Champions] Final di Munich Selalu Lahirkan Juara Baru

Posted by Penggila Bola on 16-May-2012

Munich – Kota Munich sudah tiga kali ditunjuk sebagai tuan rumah final Liga/Piala Champions dan selalu memunculkan juara baru. Apakah akhir pekan ini cerita itu akan sama?

Sebelum menggunakan Allianz Arena di musim 2005/2006, Bayern serta tim sekotanya TSV 1860 selalu memakai Olympia Stadion Munich sebagai kandangnya. Stadion berkapasitas 69.250 adalah salah satu stadion top di Jerman dan kerap digunakan untuk laga-laga besar.

Salah satunya adalah final Liga/Piala Champions di mana Olympia Stadion tiga kali mendapat kehormatan menghelat partai itu. Ada benang merah dari tiga partai tersebut di mana kesemuanya menghasilkan juara baru.

Pertama kali dihelat tahun 1979 di mana Nottingham Forest yang mengalahkan Malmo FF dengan skor 1-0. Itu adalah gelar pertama tim asal Inggris itu yang saat itu dilatih manajer legendarisnya, Brian Clough.

Kemudian di tahun 1993 Olympique Marseille meraih kemenangan 1-0 atas AC Milan sekaligus merengkuh trofi pertama dan satu-satunya hingga saat ini. Terakhir kota Munich menghelat laga final adalah 15 tahun lalu saat Borussia Dortmund menyungkurkan Juventus dengan skor 3-1 untuk merebut titel pertamanya.

Sebagai catatan selain tiga kali digelar di Munich, Jerman sudah enam kali menghelat final kompetisi antarklub Eropa terelit ini. Tiga lainnya di Stuttgart (dua kali) serta Gelsenkirchen (satu kali).

Dari tiga partai itu hanya di tahun 1988 saat PSV Eindhoven bertakhta pertama kalinya usai mengalahkan Benfica lewat drama adu penalti. Dua sisanya tahun 1959, Real Madrid meraih trofi keempatnya serta tahun 2004 di Gelsenkirchen saat FC Porto merengkuh trofi keduanya.

Dengan enam kali menghelat laga final dan empat partai menghasilkan juara baru, bukan tak mungkin di Allianz Arena, Minggu (20/5/2012) akan hadir lagi tim baru yang akan memegang ‘Si Kuping Besar’ dan mereka adalah Chelsea.

Apakah Bayern sebagai pemilik empat trofi bergengsi ini mampu mematahkan catatan itu? Kita tunggu saja.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/05/16/130223/1918487/1033/final-di-munich-selalu-lahirkan-juara-baru?b99220270

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: