Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[MotoGP] Dominasi Lorenzo dan ‘Kembalinya’ The Doctor

Posted by Penggila Bola on 21-May-2012

Le Mans – Jorge Lorenzo tampil dominan untuk akhirnya menjuarai MotoGP Prancis. Sementara itu Valentino ‘The Doctor’ Rossi tampil gemilang untuk memenangi duel dengan Casey Stoner dan berhak atas posisi runner up.

Dani Pedrosa dan Casey Stoner berhasil mempertahankan posisi terdepan yang mereka miliki saat balapan dimulai. Menjalani start dengan sangat baik adalah Jorge Lorenzo yang langsung menyodok ke posisi tiga saat melewati tikungan pertama, menggusur Andrea Dovizioso.

Di baris belakang, nasib nahas menimpa pembalap tuan rumah Randy de Puniet. Baru melaju beberapa meter dia kehilangan keseimbangan dan terjatuh dari tunggangannya. Setelah mengganti motor, dia bisa kembali ke lintasan.

Perubahan posisi di urutan depan terjadi sebelum lap pertama tuntas. Lorenzo berturut-turut berhasil menyalip Pedrosa dan Stoner untuk merebut posisi pertama. Di lap kedua Stoner berhasil mengambil alih posisi kedua dari pedrosa setelah melewati pertarungan sengit.

Di lap ketiga Rossi berhasil masuk posisi tiga besar setelah mendahului Pedrosa. Posisi Pedrosa sendiri semakin terpuruk karena satu lap berikutnya dia turun ke urutan enam karena disusul oleh Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow.

Ducati tunggangan Rossi menunjukkan penampilan sangat baik di awal balapan karena saat race memasuki lap kelima The Doctor berhasil memberikan tekanan pada Stoner untuk bertarung memperebutkan posisi dua.

Namun Rossi gagal menyusul Stoner, karena di lap 12 dia malah didahului oleh dua pembalap di belakangnya. Berturut-turut dia disalip, Crutchlow dan Dovizioso. Dovisiozo lantas menyalip Crutchlow untuk merebut posisi tiga.

Selama beberapa lap, Dovizioso, Rossi dan Crutchlow terlibat persaingan sengit memperebutkan posisi tiga. Namun pertarungan antara ketiganya hanya bertahan sampai balapan tinggal menyisakan 10 balapan karena Crutchlow terjatuh di sebuah tikungan ke kanan. Di lap yang sama Rossi akhirnya ‘memenangi’ duel dengan dua pembalap Yamaha Monster Tech 3 setelah berhasil merebut posisi tiga dari Dovizioso.

Sedangkan beberapa detik di depan, Stoner semakin menjauhkan jarak. Pun begitu dengan Lorenzo yang terus mencatatkan fastest lap dari posisi terdepan. Jarak antara Lorenzo dan Stoner di 10 lap tersisa lebih dari lima detik.

Rossi kembali tampil ganas jelang berakhirnya balapan. Mulai di enam lap tersisa dia berhasil merapatkan jarak denan Stoner di posisi kedua. Di lap keempat Rossi dan Stoner terpaut kurang dari satu detik.

Di lap ke-26 Rossi akhirnya mampu menyusul Stoner untuk berada di posisi kedua, namun kondisi tersebut tak berlangsung lama karena di tikungan berikutnya Stoner kembali dalam posisi unggul. Duel sengit antara keduanya pun tersaji di lap-lap akhir MotoGP Prancis.

Saat race tengah berada di putaran terakhirnya, Rossi akhirnya bisa kembali mengambil posisi kedua. Di kesempatan ini, juara dunia sembilan kali itu bisa mempertahankannya hingga garis finis dan mengunci posisi runner up. Sementara Stoner harus puas dapat posisi tiga.

sumber: http://sport.detik.com/read/2012/05/20/201230/1920336/81/dominasi-lorenzo-dan-kembalinya-the-doctor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: