Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Ketika Beckenbauer dan Cruyff Takluk dari Cekoslowakia

Posted by Penggila Bola on 24-May-2012

Cekoslowakia membuat sensasi dengan menjuarai Piala Eropa 1976. Mereka menaklukkan Jerman dan Franx Beckenbauer-nya serta Belanda dengan Johan Cruyff-nya.

Yugoslavia, 1976. Saat itu di Maksimir Stadium tengah dilangsungkan final Piala Eropa yang mempertemukan juara bertahan Jerman Barat yang bermaterikan banyak pemain bintang, dengan Cekoslowakia, negeri kurcaci di dunia sepakbola.

Secara mengejutkan Jerman Barat kalah dalam drama adu penalti oleh Cekoslowakia, tim yang pada semifinal berhasil menyingkirkan Johan Cruyff cs. Kegagalan penalti penyerang Jerman Barat saat itu, Uli Hoenes, menjadi penyebab kekalahan mereka.

Dan berikut adalah beberapa fakta menarik seputar Piala Eropa 1976:

– Islandia, yang kembali mengikuti Piala Eropa setelah absen selama 12 tahun, berada di posisi terbawah di babak kualifikasi grup bersama Jerman Timur, Perancis, dan Belgia. Sementara Albania tidak ikut ambil bagian.

– Pertandingan kualifikasi antara Cekoslowakia melawan Inggris di Bratislava mesti ditunda karena karena kabut. Keesokan harinya tuan rumah membalas kekalahan 0-3 di Wembley di leg pertama, dengan kemenangan 2-1 yang menentukan.

– Pemain Newcastle United, Malcolm MacDonald, mencetak lima gol saat Inggris mengalahkan Siprus 5-0 di kualifikasi Grup 1 pada tanggal 16 April 1975.

– Ini adalah turnamen terakhir yang terdiri hanya dari empat tim, di mana tim tuan rumah tidak otomatis langsung lolos fase kualifikasi dan menuju putaran final.

– Final Piala Eropa tahun 1976 adalah final kejuaraan besar pertama yang diselesaikan lewat babak adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 sampai babak perpanjangan waktu.

– Ketika perpanjangan waktu berakhir dengan skor 2-2, seluruh pemain Cekoslowakia awalnya tidak tahu jika setelah itu pertandingan berlanjut ke babak adu penalti, meski asosiasi sepakbola mereka telah menyepakati hal tersebut sehari sebelumnya.

– Jerman Barat tidak pernah kalah dalam babak adu penalti oleh tim manapun, sebelum akhirnya tumbang oleh Cekoslowakia dengan skor 5-3.

– Uli Hoeness menjadi pesakitan setelah tendangan penaltinya gagal dan menyebabkan kemenangan Cekoslowakia. Itu menjadi pertandingan internasional terakhirnya. Ia memutuskan pensiun dari pentas sepakbola internasional karena cedera yang dialami.

– Cekoslowakia menjadi juara setelah mengalahkan dua negeri adidaya di sepakbola, serta membuat dua bintang dari negeri tersebut kalang kabut: Belanda dan Jerman, Johan Cruyff dan Franz Beckenbauer. Belanda ditaklukkan Cekoslowakia di semifinal dengan skor 3-1 via extra time.

sumber: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/05/24/144938/1923882/514/ketika-beckenbauer-dan-cruyff-takluk-dari-cekoslowakia?b99220270

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: