Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Euro 2012] Inggris Tak Pernah Menang di Laga Pembuka Euro

Posted by Penggila Bola on 11-Jun-2012

Ada sejarah tak manis untuk Inggris menjelang pertandingannya melawan Prancis malam ini. Mereka tak pernah menang dari semua laga pertamanya di putaran final Piala Eropa.

Berikut ini beberapa fakta lain terkait duel kedua kesebelasan di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, di babak Grup D, Senin (11/6/2012) malam WIB:

Head-to-head

– Prancis mengalahkan Inggris di pertandingan pertama mereka di Piala Eropa 2004. Inggris sempat unggul lebih dulu berkat gol Frank Lampard, tapi Prancis berbalik menang berkat dua gol injury time Zinedine Zidane.

– Sebelum pertemuan mereka di Piala Eropa 2004 itu, satu-satunya duel kedua tim tersebut di putaran final Piala Eropa adalah di Swedia 1992. Bertarung di Malmoe, pertandingan berakhir 0-0.

– Prancis tak terkalahkan di lima pertemuan terakhir melawan Inggris. Mereka menang empat kali dan seri sekali. Kekalahan terakhir Prancis dari Inggris terjadi pada 7 Juni 1997 di Le Tournoi, via gol tunggal Alan Shearer.

Prancis

– Pelatih Prancis Laurent Blanc berkesempatan besar menyamai rekor Berti Vogts asal Jerman, satu-satunya orang yang meraih gelar Piala Eropa baik sebagai pemain maupun pelatih (1972 dan 1996).

– Prancis cuma meraih dua angka dari enam pertandingan di dua turnamen besar terakhirnya, yakni di Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

– Sejak Prancis dilatih Laurent Blanc, Karim Benzema menjadi pemain paling subur dengan tujuh gol, plus lima assist.

– Oliver Giroud adalah pemain yang menciptakan satu gol dan 3 assist dalam waktu 202 menit.

-Di skuad Piala Eropa 2012, hanya lima pemain yang tampil di Euro 2008.

Inggris

– Inggris adalah tim yang paling sering mengikuti Piala Eropa (sebelum Euro 2012) tapi tidak pernah juara. Mereka tersingkir empat kali di fase grup, terbanyak dibandingkan negara-negara lain.

– Inggris selalu segagal menang di laga pertama mereka di tujuh Piala Eropa mereka: seri tiga kali, kalah empat kali. Di dua partai pertamanya yang terakhir mereka kalah: 2-3 dari Portugal di 2000, dan 1-2 dari Prancis di 2004.

– Pelatih Inggris Roy Hodgson pernah sekali menang melawan Prancis. Kala itu ia membesut timnas Swiss dan berhasil menundukkan Les Bleus di laga persahabatan di Lausanne, Mei 1992, dengan skor 2-1.

– John Terry dan Joleon Lescottt baru berduet dua kali di lini belakang Inggris. Kedua pertandingan yang mereka lakoni bersama berujung kemenangan melawan, dua-duanya atas Andora di kualifikasi Piala Dunia 2010.

sumber: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/11/112837/1937856/514/inggris-tak-pernah-menang-di-laga-pembuka-euro?b99220370

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: