Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[EURO 2012] Sengit, Portugal Atasi Denmark 3-2

Posted by Penggila Bola on 14-Jun-2012

Lviv – Portugal berhasil mengamankan tiga angka berkat kemenangan 3-2 atas Denmark. Kemenangan Portugal dipastikan oleh Silvestre Varela yang masuk sebagai pemain pengganti.

Di Arena Lviv, Kamis (14/6/2012) dinihari WIB, Portugal berhasil memimpin terlebih dulu melalui gol Pepe pada menit 24. Keunggulan itu bertambah setelah Helder Postiga membuat skor jadi 2-0.

Nicklas Bendtner menghidupkan asa untuk Denmark lewat gol pada menit 41, untuk mengikis ketinggalan timnya. Bendtner kemudian beraksi lagi 10 menit jelang bubaran, membuat kedudukan imbang 2-2.

Pada menit 87, Portugal akhirnya berhasil memastikan kemenangan lewat gol Varela yang baru masuk beberapa menit sebelumnya.

Dengan hasil tersebut maka Portugal kini meraih 3 poin hasil dari dua laga, setara dengan Denmark. Walhasil, Portugal pun sukses menjaga asa lolos dari Grup B. Jerman, yang juga punya 3 poin, berikutnya akan berhadapan dengan Belanda yang belum mengantongi angka dan kini jadi juru kunci Grup B–Jerman dan Belanda sama-sama baru melakoni satu partai.

Jalannya Pertandingan

Denmark menekan sejak menit awal. Dari sepak pojok pada menit lima, Eriksen menguasai bola di kotak penalti dan tidak dalam posisi offside. Tetapi bola hasil sepakannya masih bisa diblok Pepe.

Andersen bereaksi dengan baik atas umpan silang Veloso yang meluncur ke depan gawang Denmark pada menit 13. Ia berhasil meninju bola untuk menjauhi gawangnya.

Portugal berusaha mengancam gawang Denmark lewat tendangan dari luar kotak penalti pada menit 18. Sepakan pertama dari Meireles bisa diblok pemain Denmark, sedangkan usaha Ronaldo melakukan rebound masih belum tepat sasaran.

Peluang lain dibuat Portugal pada menit 23. Sebuah tendangan bebas yang diambil oleh Veloso mengarah ke depan gawang untuk disambar Postiga, meski bola bisa diblok pemain Denmark untuk menghasilkan sepak pojok.

Portugal akhirnya memimpin di menit ke-24. Dari sepak pojok, bola diarahkan ke tiang dekat untuk kemudian disundul dengan keras oleh Pepe. Portugal unggul 1-0.

Pada menit 34 Portugal mendapat tendangan bebas dari posisi cukup bagus. Namun, tendangan Ronaldo masih membentur pagar pemain Denmark dan kemudian melambung di atas mistar.

Keunggulan Portugal bertambah pada menit 36. Dari sisi kanan lapangan, Nani melepaskan umpan menyusur tanah untuk kemudian disambar Postiga di depan gawang. Bola sepakan Postiga mulus melewati bek dan kiper Denmark.

Sebuah kerjasama apik dibuat Denmark di menit ke-41 untuk menipiskan ketinggalan. Sebuah umpan lambung ditujukan ke Krohn-Dehli di sisi kanan arah gawang. Dengan cerdik Krohn-Dehli lalu melambungkan bola ke depan gawang, melewati kiper Patricio, dan Bendtner pun menanduk bola ke gawang kosong.

Segera setelah gol tersebut, Portugal langsung menekan lagi. Nani melepaskan umpan silang untuk diteruskan Postiga, tapi Ronaldo gagal menyambar bola karena Kjaer sudah lebih dulu menyapunya.

Peluang emas untuk Portugal hadir pada menit 50. Ronaldo menguasai bola di sisi kiri dengan pemain lawan berjarak cukup jauh darinya. Ia berlari dan tinggal berhadapan dengan Andersen, meski bola hasil sepakan Ronaldo berhasil diantisipasi si kiper Denmark dengan baik.

Kvist memenangi perebutan bola dengan Ronaldo dan bola sepakannya pada menit 63 melaju kencang menuju gawang Portugal. Tetapi arah bola masih sedikit melebar.

Serangan Denmark kembali lahir pada menit 65. Dari sisi kanan Mikkelsen melepaskan umpan silang ke depan gawang Portugal, meski Pepe berada posisi tepat untuk menyapunya.

Tujuh menit berselang, Bendtner berhasil menguasai bola dengan baik di tepi kotak penalti Portugal. Ia memilih tidak mengoper ke rekannya dan membuka ruang sendiri, lalu melepaskan tendangan. Bola masih bergulir tipis di sisi gawang Portugal.

Peluang emas dibuang Ronaldo pada menit 78. Ronaldo menerima umpan terobosan jitu dari Nani, lolos dari jebakan offside, dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Tapi sepakan Ronaldo justru tak akurat sehingga laju bola melebar dari sasaran.

Bendtner membuat Denmark menyamakan kedudukan atas Portugal pada menit 80. Dari sisi kanan, umpan silang dilayangkan ke tiang jauh dan Bendtner dengan keras menyundul bola.

Portugal kembali memimpin tiga menit jelang bubaran melalui pemain pengganti Silvestre Varela yang baru masuk tiga menit sebelumnya. Gagal menyepak bola pada kesempatan pertama, Varela berhasil meneruskan dengan sepakan kedua yang tidak kuasa dibendung kiper Andersen.

Peluang dicatatkan Denmark di menit injury time, meski tendangan Schone masih membuat bola melambung jauh dari sasaran.

Susunan Pemain
Denmark
: Andersen; Kjaer, Jacobsen, Agger, S. Poulsen; Kvist, Zimling (J. Poulsen 17′); Krohn-Dehli (Schone 91′), Eriksen, Rommedahl (Mikkelsen 60′); Bendtner

Portugal: Patricio; Pereira, Alves, Pepe, Coentrao; Meireles (Varela 84′), Veloso, Moutinho; Nani (Rolando 89′), Postiga (Nelson Oliveira 64′), Cristiano Ronaldo

sumber: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/13/232558/1940868/514/sengit-portugal-atasi-denmark-3-2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: