Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[EURO 2012] Italia Ditahan Kroasia 1-1

Posted by Penggila Bola on 15-Jun-2012

Poznan – Italia kembali gagal meraih poin penuh di laga kedua Piala Eropa 2012. Sempat unggul di babak pertama, Gli Azzurri akhirnya harus puas bermain imbang 1-1 dengan Kroasia.

Bertanding di Municipal Stadium, Poznan, Kamis (14/6/2012), Italia unggul lebih dulu. Tendangan bebas cantik Andrea Pirlo membawa mereka memimpin saat jeda.

Kroasia yang butuh gol penyama menyerang total di babak kedua. Mereka akhirnya bisa menyamakan skor lewat Mario Mandzukic.

Hasil ini membuat Kroasia memimpin klasemen sementara Grup C dengan raihan empat poin dari dua laga. Italia di urutan kedua dengan dua poin. Klasemen masih bisa berubah karena Spanyol dan Republik Irlandia baru akan bermain beberapa saat lagi.

Jalannya pertandingan

Italia langsung menggebrak di menit-menit awal dan Mario Balotelli mendapatkan peluang di menit ketiga. Meski dikepung tiga pemain lawan, dia masih bisa melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, arahnya masih melenceng.

Claudio Marchisio mengancam gawang Kroasia pada menit ke-11 lewat tembakan kerasnya dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melayang tipis di atas mistar.

Lima menit kemudian, upaya yang dilakukan Balotelli juga belum membuahkan hasil. Tembakannya mudah dihalau kiper Stipe Pletikosa.

Kroasia sempat punya kans lewat sundulan Ivan Perisic pada menit ke-28. Tapi, bola mengarah tepat ke pelukan Gianluigi Buffon.

Berselang lima menit, Antonio Cassano nyaris mencetak gol dari jarak dekat. Sial buat dia, tembakannya masih melebar.

Italia mendapatkan peluang bagus pada menit ke-37 saat Marchisio tinggal berhadapan dengan Pletikosa setelah menerima umpan Cassano. Namun, sontekan Marchisio bisa diblok sang kiper.

Pirlo akhirnya menjadi pemecah kebuntuan dua menit kemudian. Berawal dari pelanggaran terhadap Balotelli, Italia mendapatkan tendangan bebas. Pirlo dengan dingin mengeksekusinya dan berhasil mengirim bola ke pojok bawah gawang Kroasia.

Pada menit ke-43, Italia berpeluang menggandakan keunggulan melalui sundulan Cassano yang meneruskan sepak pojok Pirlo. Namun, bola masih melambung.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik Kroasia. Mario Mandzukic melepaskan tembakan menyilang ke arah gawang Italia, tapi Buffon tak kesulitan untuk menangkap bola.

Kroasia mencoba untuk langsung menyamakan kedudukan pada awal babak kedua. Dua usaha dari Luka Modric belum membuahkan gol. Yang pertama ditangkap Buffon, yang kedua melambung.

Balotelli menjajal peruntungannya pada menit ke-61 lewat sebuah tendangan dari luar kotak 16. Lagi-lagi usahanya itu belum menemui sasaran.

Kroasia bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-72. Berawal dari umpan silang ivan Strinic dari sisi kiri, bola jatuh ke Mandzukic setelah Giorgio Chiellini gagal menghalaunya. Sekali mengontrol si kulit bundar, Mandzukic menaklukkan Buffon dari jarak dekat.

Italia langsung bereaksi dan mencoba unggul lagi. Namun, tendangan Riccardo Montolivo bisa diblok Pletikosa.

Di sisa waktu, kedua tim sama-sama punya kans untuk menambah gol. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 1-1.

Susunan pemain
Italia
: Buffon; Chiellini, De Rossi, Bonucci; Giaccherini, Motta (Montolivo 63′), Marchisio, Maggio, Pirlo; Cassano (Giovinco 83′), Balotelli (Di Natale 70′)

Kroasia: Pletikosa; Strinic, Schildenfeld, Corluka, Srna; Vukojevic, Perisic (Pranjic 68′), Rakitic, Modric; Jelavic (Eduardo 83′), Mandzukic (Kranjcar 90+4′)

sumber: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/14/234300/1941832/514/italia-ditahan-kroasia-1-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: