Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[EURO 2012] Grup D: Dikalahkan Swedia, Prancis Tetap Lolos

Posted by Penggila Bola on 20-Jun-2012

Kiev – Prancis menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari Swedia di laga terakhir babak grup Piala Eropa 2012. Namun, hasil tersebut tak menghentikan laju Les Bleus ke babak perempatfinal.

Dalam pertandingan di Kiev Olympic Stadium, Rabu (20/6/2012) dinihari WIB, Prancis sebenarnya lebih banyak menciptakan peluang. Situs resmi UEFA mencatat mereka melepaskan 24 tembakan dengan 10 di antaranya tepat sasaran, sementara Swedia cuma menembak 12 kali dan tujuh on target.

Kendati banyak, tak satu pun peluang Prancis yang berujung gol. Justru Swedia yang tak terlalu sering mengancam bisa dua kali membobol gawang Hugo Lloris.

Dua gol Swedia tercipta di babak kedua. Yang pertama diciptakan oleh Zlatan Ibrahimovic, sementara gol kedua jadi milik Sebastian Larsson.

Hasil ini membuat Prancis mengumpulkan empat poin dari tiga laga. Mereka pun harus puas jadi runner-up Grup D, karena di laga lainnya Inggris mengalahkan Ukraina 1-0. Di babak perempatfinal, tim asuhan Laurent Blanc ini akan bertemu juara Grup C, Spanyol.

Sementara itu, Swedia tetap menghuni posisi terbawah grup dengan raihan tiga angka.

Jalannya pertandingan

Swedia lebih dulu mengancam pada menit keempat. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Martin Olsson, Ola Toivonen berhasil menyambut bola dengan kepalanya. Tapi, sundulannya masih melenceng.

Larsson juga punya kans lewat sundulannya. Namun, bola mengarah tepat ke pelukan Lloris.

Prancis membalas melalui usaha Hatem Ben Arfa dua menit kemudian. Namun, sepakan kaki kiri pemain Newcastle United itu tak mengarah ke sasaran.

Peluang berikutnya kembali jadi milik Prancis, kali ini lewat Franck Ribery. Usai menerima operan Karim Benzema, Ribery melepaskan tendangan voli dari sudut sempit, tapi Andreas Isaksson mementahkannya dengan sangat baik.

Swedia nyaris unggul di menit ke-10. Berawal dari kesalahan Philippe Mexes, Toivonen punya kans besar bikin gol karena tinggal berhadapan dengan Lloris. Namun, ruang tembaknya lebih dulu ditutup Lloris dan dia tak bisa menyarangkan bola ke gawang.

Prancis sempat mengancam lagi lewat tendangan jarak jauh Ben Arfa pada menit ke-34. Akan tetapi, bola sepakannya masih melayang tipis di atas mistar.

Lima menit selepas babak kedua dimulai, Benzema mengacak-acak pertahanan Swedia. Setelah melepaskan diri dari jebakan offside, dia mengecoh Andreas Granqvist dan menembak ke arah gawang. Hasilnya? masih melenceng.

Usaha berikutnya dari Alou Diarra juga belum berbuah gol. Tembakan Diarra dari luar kotak penalti masih mudah diamankan oleh Isaksson.

Memasuki menit ke-54, Ibrahimovic membuat suporter Swedia bersorak. Dia mencetak gol dengan cara yang istimewa.

Memanfaatkan umpan silang Larsson dari sisi kanan, penyerang AC Milan itu melepaskan tendangan gunting dari dalam kotak penalti. Bola melaju deras ke pojok gawang Prancis.

Dua menit kemudian, Swedia nyaris menggandakan skor melalui Christian Wilhelmsson. Tapi, sepakan Wilhelhmsson meneruskan umpan Ibrahimovic masih bisa dimentahkan Lloris.

Lloris kembali dipaksa membuat penyelamatan di menit berikutnya. Dia secara luar biasa menepis sontekan Olof Mellberg dari jarak dekat.

Memasuki menit ke-64, Samir Nasri hampir saja mencetak gol penyama. Tatapi, tendangannya ke arah tiang jauh masih melebar.

Berselang tujuh menit, Yann M’Vila membuat percobaan bagus. Menguasai bola di depan kotak penalti, dia mengecoh satu pemain Swedia sebelum melepaskan tendangan keras dengan kaki kanannya. Namun, Isaksson secara gemilang menepis bola keluar lapangan.

Usaha Jeremy Menez pada menit ke-82 juga belum menghasilkan gol. Tembakannya dari dalam kotak penalti bisa dihentikan Isaksson dengan kaki.

Olivier Giroud yang baru masuk nyaris langsung mencetak gol untuk Prancis. Namun, sundulannya menyambut sepak pojok Florent Malouda melenceng tipis.

Di masa injury time, Swedia mencetak gol kedua. Setelah sontekan Samuel Holmen mengenai tiang, Larsson menyambar bola rebound dengan tendangan voli mematikan.

Susunan pemain
Swedia
: Isaksson, Granqvist, Mellberg, J.Olsson, M.Olsson, Kallstrom, Larsson, Svensson (Holmen 79′), Bajrami (Wilhelmsson 46′), Ibrahimovic, Toivonen (Wernbloom 78′)

Prancis: Lloris, Debuchy, Rami, Mexes, Clichy, Diarra, M’Vila (Giroud 83′), Ben Arfa (Malouda 59′), Nasri (Menez 77′), Ribery, Benzema

sumber: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/20/024236/1945665/514/dikalahkan-swedia-prancis-tetap-lolos?b99220370

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: