Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[EURO 2012] Tundukkan Yunani 4-2, Jerman ke Semifinal

Posted by Penggila Bola on 23-Jun-2012

Gdansk – Jerman sukses memetik kemenangan 4-2 dari Yunani di babak perempatfinal. Kemenangan ini mengantar Der Panzer melangkah ke babak semifinal.

Dalam laga perempatfinal yang dimainkan di PGE Arena, Sabtu (23/6/2012) dinihari WIB, Jerman tampil sangat dominan dengan penguasaan bola mencapai 71%.

Dominasi Jerman juga terlihat dari jumlah tembakan yang dilepaskan. Sepanjang pertandingan, Jerman melakukan 24 tembakan yang 14 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Yunani melakukan sembilan tembakan dan lima di antaranya mengarah ke sasaran.

Jerman menutup paruh pertama dengan keunggulan 1-0 lewat gol Philipp Lahm. Yunani kemudian mampu menyamakan kedudukan di awal babak kedua lewat Georgio Samaras.

Setelah Yunani menyamakan angka, Jerman makin meningkatkan serangan. Hasilnya, tiga gol berturut-turut berhasil dicetak oleh Sami Khedira, Miroslav Klose, dan Marco Reus.

Di penghujung babak kedua, Yunani mampu memperkecil ketertinggalan lewat eksekusi penalti Dimitris Salpingidis. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 4-2 untuk Jerman tetap bertahan.

Kemenangan ini mengantar Jerman ke babak semifinal. Tim arahan Joachim Loew ini akan menghadapi pemenang dari laga perempatfinal lainnya antara Inggris kontra Italia.

Jalannya Pertandingan
Jerman langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pergerakan Marco Reus dari sisi kanan diakiri dengan umpan ke dalam kotak penalti. Tapi Miroslav Klose yang berdiri bebas gagal menjangkaunya dan bola dibuang oleh pemain belakang Yunani.

Semenit kemudian, Jerman berhasil membobol gawang Yunani. Andre Schuerlle menyambar bola muntah hasil sepakan Sami Khedira. Namun hakim garis lebih dulu mengangkat bendera karena Klose terjebak offside.

Yunani melakukan serangan balik. Grigoris Markos mencoba melepaskan tembakan. Tapi tendangannya masih terlalu lemah dan Manuel Neuer tak kesulitan untuk mengamankan bola.

Jerman kembali mendapat peluang bagus di menit ke-11. Reus meneruskan umpan Khedira dengan sebuah tembakan. Namun bola masih belum menemui sasaran.

Oezil! Sepakannya menuntaskan kerja sama yang rapi antara Reus dan Klose masih mampu ditepis oleh Sifakis dan bola kemudian dihalau keluar oleh pemain belakang Yunani.

Sifakis kembali menyelamatkan gawang Yunani. Kali ini tembakan Reus berhasil ia tepis dan menghasilkan sepak pojok untuk Jerman.

Yunani mencoba membangun serangan. Sotiris Ninis yang bergerak dari sisi kanan melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi Neuer masih bisa menghalaunya.

Jerman mendapat peluang bagus di menit ke-32. Khedira melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tapi masih mampu diblok oleh Sifakis.

Gol! Tembakan melengkung Philipp Lahm dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau oleh Sifakis. Jerman 1 Yunani 0.

Unggul 1-0 tak membuat Jerman mengendurkan serangan. Kali ini percobaan Schuerrle jelang akhir babak pertama hanya mengenai sisi luar jaring gawang Yunani.

Memasuki babak kedua, Jerman masih memegang kendali serangan. Namun Yunani justru mampu mencuri gol lewat sebuah serangan balik di menit ke-55.

Salpingidis yang membawa bola dari sisi kanan kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Samaras yang ada di depan gawang mampu menaklukkan Neuer untuk menceploskan bola ke dalam gawang.

Jerman tak butuh waktu lama untuk kembali unggul. Enam menit setelah Yunani menyamakan kedudukan, Khedira mencetak gol lewat sebuah sepakan voli yang keras dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Jerome Boateng.

Jerman menambah keunggulannya lima menit kemudian. Sundulan Klose memanfaatkan sepak pojok Oezil mengubah skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Jerman.

Gol! Jerman makin menjauh. Bola muntah hasil sepakan Klose yang mampu ditepis oleh Sifakis kemudian disambar oleh Reus. Jerman 4 Yunani 1.

Sudah unggul 4-1, Jerman mulai mengendurkan serangan. Yunani kemudian mencoba menyerang. Tapi percobaan Fotakis dari luar kotak penalti masih mengarah tepat ke pelukan Neuer.

Yunani memperkecil ketertinggalan di menit ke-89 lewat eksekusi penalti Salpingidis. Wasit menunjuk titik putih usai Boateng melakukan handsball di kotak penalti. Salpingidis yang maju menjadi algojo sukses menaklukkan Neuer.

Susunan Pemain:
Jerman
: Neuer; Boateng, Hummels, Badstuber, Lahm; Khedira, Schweinsteiger; Reus (Goetze 79′), Oezil, Schuerrle (Mueller 67′); Klose (Gomez 79′)

Yunani: Sifakis; Torosidis, Sokratis, Papadopoulos, Tzavellas (Fotakis 46′); Makos (Liberopoulos 71′), Maniatis, Katsouranis, Ninis (Gekas 46′); Salpingidis, Samaras.

sumber: http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/23/022531/1948858/514/tundukkan-yunani-4-2-jerman-ke-semifinal?b99220370

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: