Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Dikalahkan Dortmund, City Tersingkir dari Kompetisi Eropa

Posted by Penggila Bola on 05-Dec-2012

dortmund-cityDortmund – Musnah sudah harapan Manchester City untuk melanjutkan kiprahnya di kompetisi Eropa musim ini. Butuh kemenangan, The Citizens malah kalah 0-1 dari tuan rumah Borussia Dortmund.

City, yang sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champions, datang ke Signal Iduna Park, Rabu (5/12/2012) dinihari WIB, dengan misi wajib menang. Kalau menang atas Dortmund dan Ajax Amsterdam gagal mengalahkan Real Madrid, maka mereka setidaknya akan mendapatkan tiket ke Liga Europa.

Tapi, misi tersebut gagal diwujudkan. Ajax memang kalah dari Madrid, tapi mereka juga kalah dari Dortmund.

Gol semata wayang Dortmund pada laga ini tercipta di babak kedua. Yang menciptakannya adalah Julian Schieber.

Dengan hasil ini, Dortmund makin kokoh di puncak klasemen Grup D dengan 14 poin dari enam pertandingan. City tetap di posisi terbawah dengan poin tiga dan harus merelakan tiket Liga Europa jatuh ke tangan Ajax.

Jalannya Pertandingan

Dortmund mengancam pada menit ke-12 melalui tembakan Oliver Kirch dari depan kotak penalti. Namun, Joe Hart bisa menangkap bola dengan sempurna.

City ganti mengancam pada menit ke-33. Tapi, tendangan jarak jauh Edin Dzeko bisa ditepis oleh kiper Roman Weidenfeller.

Dortmund nyaris memimpin tiga menit kemudian. Aksi Marco Reus di kotak penalti City diakhiri dengan tendangan keras, tapi arahnya masih melenceng.

Percobaan yang dilakukan Ivan Perisic pada menitke-44 juga belum berhasil membawa Dortmund unggul. Tendangannya yang mengarah ke pojok bawah gawang bisa diantisipasi Hart.

Semenit setelah babak kedua dimulai, tim tamu mendapatkan peluang bagus. Umpan Samir Nasri berhasil ditanduk Dzeko, tapi arah bola tepat ke Weidenfeller.

Gawang City dua kali terancam pada menit ke-53 dan 54 oleh tendangan Perisic dan Kevin Grosskreutz. Beruntung buat mereka, Hart menunjukkan reaksi yang prima dan menepis bola keluar lapangan.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-57. Schieber yang berlari di antara dua bek City berhasil menyambut umpan silang Jakub Blaszczykowski dari sisi kanan. Sontekannya tak bisa dibendung Hart.

Perisic tak mampu memanfaatkan peluang yang dia peroleh pada menit ke-64. Tendangannya melayang di atas mistar.

Carlos Tevez menunjukkan aksi individu yang mengagumkan saat dia melewati empat pemain lawan di menit ke-67. Tapi, tendangan jarak dekatnya mudah dihalau oleh Weidenfeller.

Memasuki menit ke-83, Dortmund punya peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Namun, tendangan jarak dekat Robert Lewandowski bisa dimentahkan Hart.

Berselang dua menit, Kun Aguero sempat membahayakan gawang Dortmund. Tapi, sepakannya juga bisa digagalkan oleh Weidenfeller.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund
: Weidenfeller; Kirch (Bittencourt 88′) Hummels, Felipe Santana, Schmelzer; Guendogan, Leitner; Grosskreutz, Reus (Blaszczykowski 46′), Perisic; Schieber (Lewandowski 77′)

Manchester City: Hart; Nastasic, Lescott, Kompany, Maicon; Sinclair (Aguero 57′), Javi Garcia, Barry, Nasri (Zabaleta 68′); Tevez, Dzeko (Balotelli 65′)

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/12/05/033334/2109602/1033/dikalahkan-dortmund-city-tersingkir-dari-kompetisi-eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: