Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Copa del Rey: Madrid vs Barcelona Berakhir 1-1

Posted by Penggila Bola on 31-Jan-2013

essien-messi_Madrid-BarcaMadrid – Laga El Clasico di leg pertama semifinal Copa del Rey berakhir tanpa pemenang. Barcelona yang bikin gol lebih dulu akhirnya harus puas dengan skor 1-1 setelah Real Madrid menyamakan kedudukan di menit-menit akhir.

Di Santiago Bernabeu, Kamis (31/1/2013) dinihari WIB, kedua tim bermain imbang 0-0 di babak pertama. Baru di paruh kedua pertandingan Barcelona bisa memecah kebuntuan melalui gol yang dibuat Cesc Fabregas di menit 50.

The Catalans kemudian punya banyak peluang untuk menggandakan keunggulan. Namun bukan gol kedua yang didapat, gawang Jose Pinto malah jebol di menit 83. Tampil gemilang di barisan belakang Los Merengues, Rapahel Varane menyempurnakan penampilannya dengan gol tandukan kepala yang dia buat.

Skor 1-1 ini sedikit menguntungkan Barcelona karena leg kedua akan digelar di Camp Nou bulan depan, di mana mereka cukup bermain imbang tanpa gol untuk bisa lolos ke final. Tapi fakta bahwa El Real tampil tanpa diperkuat lima pilarnya dan Barca gagal meraih kemenangan justru menjadi catatan khusus buat anak didik Tito Vilanova.

Jalannya Pertandingan

Tampil ekstra ofensif, Madrid sudah punya peluang di menit pertama pertandingan saat Gerard Pique harus menjegal Cristiano Ronaldo yang menusuk masuk ke kotak penalti. Pique dapat kartu kuning akibat pelanggaran tersebut dan Madrid dapat tendangan bebas. Freekick Ronaldo tepat mengarah ke sasaran, tapi kiper Pinto bereaksi cepat dengan meninju bola menjauh.

Pinto kembali membuat penyelamatan di menit sembilan. Dia menghalau si kulit bundar yang berbelok arah ke gawangnya setelah tendangan Essien dari sisi kanan lapangan membentur Jordi Alba.

Tiga menit kemudian Barca menciptakan peluang pertamanya melalui Alba. Lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan cungkil Andres Iniesta, sepakan dari dalam kotak penalti Alba melenceng jauh dari sasaran.

Ronaldo! Pemain asal Portugal itu gagal menyambar umpan crossing yang dilepaskan Karim Benzema pada menit 19, padahal posisinya sudah tepat di muka gawang. Semenit berselang gantian Xavi yang membuat fans Madrid ketar-ketir, tendangan bebas yang dia lepaskan tipis di luar kotak penalti membentur mistar gawang.

Sebuah blunder yang dilakukan Carvalho nyaris membuat Madrid kebobolan. Bek senior itu salah memberi umpan pada Pedro Rodrigues di dalam kotak penalti, Xavi yang dapat sodoran bola langsung melepaskan tendangan ke gawang yang sudah ditinggal kiper. Tak ada gol dalam momen itu karena Raphael Varane dengan gemilang menghalau si kulit bundar tepat di garis gawang.

Umpan terobosan yang dilepaskan Ronaldo jatuh tepat ke kaki Benzema pada menit 26. Di dalam kotak penalti Benzema melepaskan tendangan keras yang arahnya hanya mengenai sisi luar jala gawang Pinto. Skor 0-0 bertahan hingga jeda babak pertama datang.

Babak kedua baru berjalan satu menit Madrid sudah punya peluang bikin gol andai tendangan Benzema dari dalam kotak penalti tak melayang tinggi.

Di menit 50 Barcelona akhirnya mencetak gol. Bermula dari aksi Varane membuang bola di daerah pertahanannya, dia terlambat naik untuk membuat jebakan offside. Fabregas pun dengan leluasa masuk kotak penalti dan berhadapan dengan kiper Diego Lopez usai dapat umpan dari Messi. Dengan dingin Fabregas menceploskan bola ke gawang dan mengantar Barca unggul 1-0.

Ronaldo kembali gagal memanfaatkan peluang yang diciptakan rekannya di menit 59. Kepalanya terlambat sepersekian detik untuk menyambar bola crossing yang dilepaskan Essien, padahal Ronaldo saat itu berada tepat di muka gawang.

Dani Alves nyaris membuat Barca menambah keunggulan saat tendangan yang dia lepaskan masih diterhalau kiper Lopez dengan dua tangannya. Juga membuang peluang untuk mencetak gol adalah Fabregas, dapat umpan datar dari Alves di tengah kotak penalti, sepakan keras Fabregas melayang tipis di atas mistar.

Memasuki menit 72 Barcelona punya kesempatan emas mencetak gol keduanya. Lewat serangan balik yang cepat Pedro Rodriguez tinggal berhadapan dengan Lopez. Dalam posisi satu lawan satu dan hanya berjarak kurang dari tiga meter dari mulut gawang, tendangan Pedro ke tiang jauh terlalu lebar.

Tak mampu memaksimalkan peluang yang dipunya, Barcelona akhirnya malah harus menerima gawangnya kebobolan. Menyongsong umpan silang dari sisi kanan, Varane memenangi perebutan bola dengan dua bek Barcelona. Tandukannya yang mengarah ke tiang dekat gagal dihalau Pinto.

Susunan Pemain:
Real Madrid XI
: Diego Lopez, Essien, Varane, Carvalho, Arbeloa, Kedhira, Alonso, Callejon (’58 Modric), Oezil, Ronaldo, Benzema (’63 Higuain)

Barcelona XI: Pinto, Alves, Piqu�, Puyol, Alba, Sergio, Xavi, Cesc (’85 Thiago Alcantara), Iniesta, Messi, Pedro (’76 Alexis Sanchez)

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/01/31/035922/2157098/75/madrid-vs-barcelona-berakhir-1-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: