Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

Liga Champions: Menang di Old Trafford, Madrid Singkirkan MU

Posted by Penggila Bola on 06-Mar-2013

manutd-madridManchester – Real Madrid menyingkirkan Manchester United. Los Blancos menang 2-1 atas The Red Devils dalam pertandingan yang diwarnai kartu merah untuk Nani tersebut.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Rabu (6/3/2013) dinihari WIB, Sir Alex Ferguson menurunkan Ryan Giggs sebagai starter, namun mencadangkan Wayne Rooney. Sebaliknya, dia memainkan Nani dan Danny Welbeck untuk menopang Robin van Persie.

Di kubu Madrid, tidak ada banyak perubahan. Jose Mourinho masih menurunkan Sami Khedira, Mesut Oezil, Angel Di Maria, dan Cristiano Ronaldo sebagai tumpuan serangan. Xabi Alonso dimainkan sebagai gelandang, plus Gonzalo Higuain sebagai penyerang tunggal.

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Giggs sudah melakukan pelanggaran lantaran telat dalam melakukan tekel terhadap Fabio Coentrao. Madrid mendapatkan tendangan bebas, tetapi eksekusi Ronaldo masih membentur pagar pemain.

Madrid kemudian mendapatkan peluang lagi pada menit ke-10. Kali ini lewat Higuain. Penyerang asal Argentina itu berhasil melepaskan tendangan kaki kanan, kendati dirinya dikerubungi oleh beberapa pemain United. Namun, tendangannya masih menyamping di sebelah kiri gawang David De Gea.

United membalas pada menit ke-14. Giggs mengirimkan umpan silang ke sisi kiri, di mana Van Persie telah berdiri tidak terkawal. Van Persie langsung melepaskan tembakan dengan kaki kirinya, namun tendangannya masih bisa diblok oleh Sergio Ramos.

Peluang datang lagi untuk United di menit 19. Diawali oleh tendangan sudut yang dieksekusi Giggs, bola disundul oleh Nemanja Vidic. Sial bagi Vidic, sundulannya masih membentur tiang gawang. Namun, dari tayangan ulang, terlihat bahwa Welbeck sudah berada dalam posisi offside ketika bola disundul Vidic.

Ronaldo mendapatkan peluang. Pada menit ke-28, pemain berjuluk CR7 itu lolos dari jebakan offside dan berdiri di dalam kotak penalti MU, tapi sepakannya diblok Vidic

Pada menit ke-33, Diego Lopez membuat dua penyelamatan di bawah gawang Madrid dengan berturut-turut mementahkan tendangan Van Persie dan Welbeck.

Madrid kemudian memainkan Kaka, yang masuk menggantikan Di Maria yang cedera. Namun, tak ada peluang lagi setelahnya. Skor akhir di babak pertama adalah 0-0.

Pada awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit 48, United mengejutkan Madrid dan akhirnya mereka mencetak gol. Berawal dari serangan di sisi kanan, beberapa tendangan pemain United berhasil dihalau, tetapi bola jatuh di kaki Nani yang berada di sisi kiri. Nani kemudian mengirimkan umpan ke depan kotak penalti, dan bola yang berniat dihalau Ramos justru masuk ke dalam gawangnya sendiri. 1-0 untuk tuan rumah.

‘Setan Merah’ kemudian bermain dengan 10 orang setelah Nani mendapatkan kartu merah. Gelandang asal Portugal itu dinilai mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mengenai dada Alvaro Arbeloa. Keputusan itu disambut protes oleh kubu tuan rumah. Mereka menilai Nani hanya berusaha menggapai bola dengan kakinya dan tidak melihat Arbeloa yang berlari ke arahnya.

Keunggulan jumlah pemain pun dimanfaatkan oleh Mourinho. Dia langsung memasukkan Luka Modric dan menarik keluar Arbeloa. Madrid maju melakukan serangan penuh.

Tak lama setelahnya, Madrid mendapatkan beberapa sepak pojok. Salah satu sepak pojok Madrid berujung menjadi sundulan Raphael Varane. Tetapi, peluang ini gagal setelah sundulan Varane dihalau oleh Rafael da Silva.

Gol! Madrid akhirnya mendapatkan gol yang mereka tuju itu. Los Blancos menyamakan kedudukan pada menit ke-65 lewat Luka Modric. Berawal dari operan-operan pendek di depan kotak penalti United, bola diberikan kepada Modric. Dia pun langsung melepaskan tendangan kaki kanan dan bola pun masuk ke dalam gawang De Gea.

Dominasi itu kembali berbuah hasil. Madrid pun membalikkan kedudukan menjadi 2-1 setelah Ronaldo membobol gawang De Gea di meni 69. Umpan yang dilepaskan oleh Higuain dari sisi kanan disambar oleh Ronaldo di tiang jauh. Tak ada perayaan gol darinya. Agregat berubah menjadi 2-3 untuk keunggulan Madrid dan United berada dalam posisi terpojok.

Dalam keadaan demikian, Sir Alex akhirnya memainkan Wayne Rooney, sementara Mourinho memainkan Pepe untuk menggantikan Oezil. Pada menirt ke-82, United mendapatkan dua peluang beruntun. Tapi, tendangan Van Persie ataupun Rooney masih belum menemui sasaran. Diego Lopez pun beberapa kali melakukan tugasnya dengan baik: menghalau serangan-serangan pemain tuan rumah.

Kaka pun sempat mendapatkan peluang, tetapi tendangannya mengenai tiang dan diselamatkan De Gea. Di sisi lainnya, Lopez kembali menyelamatkan gawangnya dari sundulan Vidic dan United pun gagal mencetak gol.

Tak ada gol lagi setelahnya. Peluit panjang pun dibunyikan. Madrid menang 2-1 dengan keunggulan agregat 3-2 dan lolos ke perempatfinal.

Susunan Pemain
Manchester United
: De Gea, Rafael (Valencia 87), Ferdinand, Vidic, Evra, Carrick, Cleverley (Rooney 72), Nani, Welbeck (Young 80), Giggs, Van Persie

Real Madrid: D. Lopez, Arbeloa (Modric 59), Varane, Ramos, Coentrao, Xabi Alonso, Khedira, Di Maria (Kaka 44), Oezil (Pepe 71), Ronaldo, Higuain

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/03/06/033440/2186831/1033/menang-di-old-trafford-madrid-singkirkan-mu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: