Penggila Bola dari Kranji

Informasi Umum & Sepakbola Dunia

[Liga Champions] Hantam Celtic 2-0, Juventus Melenggang ke Perempatfinal

Posted by Penggila Bola on 07-Mar-2013

juventus-celticTurin – Juventus kembali memetik kemenangan atas Celtic. Menang 2-0 di leg kedua babak 16 besar Liga Champions membuat Bianconeri secara agregat unggul 5-0 dan melenggang mulus ke babak perempatfinal.

Bertanding di kandangnya, Juventus Stadium, Kamis (7/3/2013) dinihari WIB, Juventus sudah dalam posisi sangat aman karena bekal kemenangan 3-0 yang didapat di leg pertama. Antonio Conte pun memilih mengistirahatkan beberapa pemainnya, meski itu tak menghalangi ‘Si Nyonya Tua’ untuk tetap meraih kemenangan.

Alessandro Matri membuka keunggulan Juventus dengan golnya di menit 24. Sementara gol kedua tuan rumah datang di menit 65, melalui sontekan Quagliarella.

Juventus menyusul Real Madrid, Borussia Dortmund dan Paris Saint Germain yang lolos ke delapan besar Liga Champions. Undian perempatfinal akan dilangsungkan 15 Maret.

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tamu, Celtic sesungguhnya terlihat menjanjikan di menit-menit awal pertandingan. Mereka mampu menekan Juventus meski tak bisa menciptakan peluang matang bikin gol. Kans pertama yang dipunya Celtic adalah saat sepakan keras Joe Ledley masih gagal menemui sasaran.

Di menit 23 Juventus akhirnya bisa unggul lebih dulu. Memanfaatkan kesalahan pemain Celtic yang kehilangan bola di daerahnya sendiri, Fabio Quagliarella menusuk masuk ke kotak penalti dan melepakan tembakan yang gagal dikuasai dengan sempurna oleh kiper Fraser Forster, bola mental kemudian disambar Matri menjadi gol.

Tiga menit kemudian tendangan Kris Commons yang membentur Gary Hooper nyaris mengecoh Gianluigi Buffon. Namun meski sempat terlihat salah langkah kiper nomor satu Italia itu masih bisa menghalau bola yang mengancam gawangnya.

Memasuki menit 34 Celtic punya peluang lain untuk menyamakan kedudukan. Umpan mendatar yang dilepaskan Georgios Samaras dari sisi kiri pertahanan Juventus melintas depan gawang dan hanya luput beberapa centimeter saja dari kaki Hooper yang berusaha menggapainya sambil menjatuhkan diri.

Bianconeri juga punya kesempatan menggandakan keunggulan. Salah satunya melalui serangan balik yang gagal berujung gol karena tendangan Arturo Vidal dari luar kotak penalti masih melayang jauh di atas mistar gawang. Di menit 44 Vidal kembali punya kans menambah keunggulan timnya, namun sepakan mendatar yang dia lepaskan terlalu lemah dan mudah ditangkap kiper Fraser Forster.

Di awal babak kedua Juventus langsung menebar ancaman saat tendangan keras Quagliarella dari dalam kotak penalti masih bisa diblok kiper Forster. Bola yang mental kali ini bisa langsung disapu bek Celtic.

Juventus mencetak gol keduanya di menit 65. Gol ini lahir dari umpan terukur Pirlo pada Vidal, yang sambil berlari masuk ke dalam kotak penalti dan mematahkan jebakan offside.

Tinggal berhadapan dengan kiper di muka gawang, Vidal memilih mengirim bola pada Quagliarella di sisi tiang gawang yang berbeda. Alhasil dengan mudah Quagliarella menceploskan bola ke dalam gawang dan membuat Juventus unggul 2-0.

Unggul dua gol membuat Conte melakukan perubahan di skuatnya, yakni dengan menarik Vidal dan digantikan dengan Mauricio Isla serta menggati Pirlo dengan Emanuele Giaccherini.

Selanjutnya tak banyak kesempatan dikreasikan kedua kubu. Satu-satunya yang berpotensi tercipta gol adalah saat tendangan jarak jauh Baram Kayal memantul dari tangkapan Gianluigi Buffon, namun bek Juventus langsung bisa mengamankannya untuk menghindari bola disambar Hooper.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Barzagli, Marrone, Bonucci; Padoin, Vidal (Isla 66), Pirlo (Giaccherini 69), Pogba, Peluso (Asamoah 59); Matri, Quagliarella

Celtic: Forster; Matthews (Forrest 53), Wilson, Wanyama (Ambrose 46), Izaguirre; Samaras, Kayal, Ledley, Mulgrew; Commons (Nouioui 73), Hooper

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/03/07/031654/2188023/1033/hantam-celtic-2-0-juventus-melenggang-ke-perempatfinal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: